Minggu, 25 Februari 2018 06:35 WIB
Citra indah

35 Juta Netizen Tongkrongi Bukalapak

Redaktur: Sicilia

Foto : Ilustrasi kominfo.go.id

INDOPOS.CO.ID - Market place Bukalapak telah dikunjungi 35 juta orang per bulan. Itu menunjukkan kalau 30 persen warganet, rela meluangkan waktu mengakses Bukalapak.

Efeknya, jumlah pelapak sebutan pelaku UKM di Bukalapak, terus membanjir. Di samping itu, tercatat 320 ribu transaksi setiap hari di Bukalapak.

Dimana, tahun lalu rata-rata omzet tercatat Rp30-40 juta, meningkat dari periode sama 2016 di kisaran Rp 15-20 juta. Yang menggembirakan, rata-rata omzet per pelapak UKM meningkat secara kualitas.

Dan, delapan tahun mendatang diharap menjadi aset bangsa dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat. ”Kami ingin melibatkan lebih banyak UKM dan menjadi pembayar pajak terbesar,” tutur CEO Bukalapak Ahmad Zaki, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (11/1).

Berdasar data itu sambung Zaki, tidak mengherankan kalau UKM berbondong-bondong menjadi pelapak untuk jualan secara online gratis, efektif, dan efisien. Itu sesuai ekspektasi dan tujuan awal Bukalapak mengangkat UKM.

Partisipasi aktif UKM penting supaya berkembang dan naik kelas. Sebab, kalau UKM maju dan besar maka Indonesia bakal maju.

”Efeknya luar biasa bagi ekonomi. UKM sudah teruji sebagai tulang punggung ekonomi Indonesia,” tegas Zaki. Sementara Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto berharap Bukalapak terus tumbuh.

Menjadi pohon besar dengan akar kuat hingga ke bawah. Karena era digital ekonomi merupakan wujud ekonomi gotong royong yang kongkrit. Di mana, tidak sedikit UKM berkumpul dalam satu komunitas market place. ”Pola digital ekonomi dan intermediasi, produk menjadi zero cost,” tukas Airlangga.

Airlangga melanjutkan semua pihak harus menjaga eksistensi market place. Tidak terkecuali Bukalapak sebagai aset bangsa.

Di mana, potensi Bukalapak sangat luar biasa ke depan. Itu penting supaya enterpreneur terus meningkat. ”Saat ini, generasi muda harus mampu bergaul dalam bahasa digital,” ingatnya. (far)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bukalapak 

Berita Terkait

Bukalapak Raih Award Internasional

Banderol Reksa Dana Online Rp 10 Ribu

Ekonomi

IKLAN