Jumat, 20 Juli 2018 05:47 WIB
BJB JULI V 2

Liga Indonesia

Kickoff 16 Januari, Piala Presiden Tuai Keluhan

Redaktur:

PASRAH - Para pemain Barito Putera saat latihan di Stadion 17 Mei, Banjarmasin.

INDOPOS.CO.ID - Piala Presiden 2018 dipastikan bergulir 16 Januari mendatang. Pihak operator turnamen juga sudah merilis jadwal sekaligus grouping babak penyisihan. Seperti yang diduga sebelumnya, kali ini babak grup berlangsung tanpa adanya proses undian, berbeda dengan edisi tahun lalu.

Situasi itu dikeluhkan sejumlah klub, proses demokrasi yang mengacu asas fair play tidak berjalan seperti sebelumnya. Syafrudin Ardasa, asisten manajer Barito Putera misalnya. "Prinsipnya, kami siap main di manapun," ujarnya saat dikonfirmasi Jawa Pos (Grup Indopos) kemarin (9/1).

"Tetapi, tanpa undian ini tentu kurang berkenan buat kami, karena tentu masing-masing klub punya pandangan," lanjutnya. Pemberitahuan detail turnamen yang terkesan mendadak juga menjadi catatan lainnya. Sebab, Barito Putera saat ini tengah menjalani pemusatan latihan di Malang.

Dengan demikian mereka harus bertolak ke Balikpapan pada 14 Januari mendatang. Menurut Syarifudin, bila lebih awal, timnya tentu bakal menyiapkan program lain yang membuat lebih efisien. Demikian pula dengan Direktur Teknik PSMS Medan, Andry Mahyar.

Pria yang sukses mengawal PSMS menjadi juara Piala Kemerdekaan 2015 lalu menganggap operator kurang bijak. "Idealnya memang bisa undian, lebih fair, dengan begini apa mau dikata, harus jalan," sebutnya.  Sebagai "klub baru", manajemen PSMS kembali menyesuaikan diri dengan ritme dan kebutuhan Liga 1 2018.

Sementara itu, Risha Adi Wijaya, salah satu anggota Organizing Commitee Piala Presiden 2018 menerangkan, pembagian grup pada dasarnya mempetimbangkan tuan rumah. "Kedua kami juga pertimbangkan Liga 1 2017 lalu, "Selain itu kami juga melihat jarak tempuh, untuk efisiensi bujet klub," sebut Risha.

Di sisi lain, pihak broadcaster juga melihat potensi crowd penonton yang bisa membawa suasana pertandingan jadi lebih menarik. Selanjutnya, rating tayangan juga diharapkan meningkat. Untuk opening, Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) akhirnya menjadi pilihan.

Pada pertandingan pembuka, Persib Bandung dijadwalkan menghadapi Sriwijaya FC. Opening juga akan dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Seperti dua edisi Piala Presiden sebelumnya. (nap/hfz/jpg)

Babak Penyisihan (16-30 Januari 2018)

Grup A (Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung)

Persib Bandung

PSM Makassar

PSMS Medan

Sriwijaya FC

Grup B (Stadion Batakan, Balikpapan)

Mitra Kukar

Persipura Jayapura

Martapura FC

Barito Putera

Grup C (Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya)

Persebaya Surabaya

Madura United

Perseru Serui

PS TNI

Grup D (Stadion Wayan Dipta, Gianyar)

Bali United

Persija Jakarta

PSPS Riau

Borneo FC

Grup E (Stadion Kanjuruhan, Malang)

Arema FC

Bhayangkara FC

PSIS Semarang

Persela Lamongan

Babak 16 besar (3 dan 4 Februari 2018, Stadion Manahan, Solo)

-Undian

-Single match

Semifinal (10 dan 13 Februari 2018)

-home-away

Final (16 Februari 2018)

-Single match, Stadion Utama Gelora Bung Karno

-Diawali perebutan tempat ketiga

Sumber: Panitia Penyelenggara Piala Presiden


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-indonesia #piala-presiden 

Berita Terkait

IKLAN