Ali Saga Pahlawan Pembuat Tangan dan Kaki Tiruan

INDOPOS.CO.ID – MUHAMMAD Ali lebih akrab disapa  Ali Saga bak seorang pahlawan bagi para penyandang disabilitas khususnya tunadaksa atau cacat tubuh. Mantan pematung ini mahir membuat tangan dan kaki tiuran. Hasil karyanya dijual dengan harga yang terjangkau bahkan sampai gratis.

Ali Saga sehari-hari beraktivitas di bengkel sekaligus rumahnya di Jalan Rumah Sakit Kusta Sitanala, Kompleks Serbaguna Lorong 6 No 93, Kota Tangerang, Banten. Atas jasanya ini, tidak sedikit penghargaan yang didapat Ali.

Baca Juga :

Dalam seminggu, Ali Saga dapat membuat 4-6 buah kaki tiruan. Kendati harga produk relative murah tapi tak mengurangi sedikit pun kualitas. Satu buah kaki tiruan di bawah lutut djual dengan harga Rp 3,5 juta sedangkan di atas lutut Rp7,5 juta. Harga-harga itu sangat mustahil didapat pasiennya di tempat lain apalagi produk impor.

Proses pembuatan kaki atau tangan tiruan, Ali Saga harus mengukur dan mencetak kaki atau tangan pemesan. Kemudian setelah dicetak akan dibuat pola bentuk kaki atau tangan pasien dengan bahan gipsum, lalu dicetak dengan bahan fiber berkualitas baik dan diberi busa agar nyaman saat dikenakan pasien.

Baca Juga :

Perbedaan nyaris tidak tampak dari tangan atau kaki tiruan dengan tangan-kaki sungguhan. Hasil karya Ali Saga sudah tidak diragukan lagi kualitas dan harga yang sangat membantu sejumlah orang tidak mampu. Bentuk dan tampilan yang menyerupai tangan sungguhan dibuat dari cetakan tangan manusia dengan bahan karet bagian luarnya dan fiber pada bagian dalam.(adr)

Komentar telah ditutup.