Kamis, 15 November 2018 05:48 WIB
pmk

Nusantara

Dilanda Longsor, 12 Rumah di Kuningan Rusak

Redaktur: Redjo Prahananda

BPBD: Tujuh hari dilanda hujan, bencana longsor melanda Desa. Cilebak, Desa. Bungurberes, Desa. Legokherang, dan Desa. Patala di Kecamatan Cilebak, menghancurkan 12 rumah dan membahayakan 44 kepala keluarga.

INDOPOS.CO.ID – Sebanyak 12 rumah dari Empat desa di Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan rusak setelah dilanda bencana longsor. Mengancam keamanan 129 jiwa dari 44 kepala keluarga dan memaksa tiga keluarga di Provinsi Jawa Barat untuk mengungsi.

“ Dari 12 rumah 4 unit rumah mengalami rusak berat dan 8 unit rumah lainnya rusak sedang. Bencana ini juga menyebabkan sebuah tembok penahan tebing rumah warga roboh,” ungkap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho Minggu malam (14/1).

Selain itu, bencana longsor juga menyebabkan satu Pipa Pamsimas air bersih desa terputus. Akses jalan utama di lima titik juga tertutup longsorann tanah. Mulai dari Jalan penghubung Subang – Cilebak, Cilebak – Ciwaru, Cilebak – Legokherang dan Cilebak – Legokherang / blok Batu Hideung Legokherang.

“Akses Jalan menuju Kantor Kecamatan Cilebak juga terputus karena bencana ini,” tambah dia.

Pembersihan material longsoran pun dilakukan untuk mengembalikan akses jalan di beberapa akses jalan utama. Sebagai upaya meminimalisir bahaya pohon pohon di kawasan rawan longsor juga dilakukan penebangan.

“Saat ini sekitar 31 unit rumah lainnya, dan satu bangunan SDN di desa masih terancam bahaya. Karena diperkirakan hujan masih akan terus melanda sampai Bulan Februari nanti dan kondisi tanah masih sangat labil,” tutupnya. (awa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #longsor #kabupaten-kuningan 

Berita Terkait

Jalur Alternatif Cigombong- Cihideung Nyaris Putus

Megapolitan

185 Jiwa Mengungsi, Longsor Masih Mengancam

Nusantara

Hujan Lebat, Rumah Dipinggir Kali Ragunan Longsor

Jakarta Raya

IKLAN