Ekonomi

Madu Terbaik di Dunia ternyata Dari Indonesia

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Madu Terbaik di Dunia ternyata Dari Indonesia - Ekonomi

PRESENTASI: Founder Bali Honey Ade Meylilia saat mengedukasi masyarakat tentang manfaat madu di Jakarta, Minggu (14/01). Foto: Joesvicar Iqbal/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID-Madu murni terbaik di dunia ternyata ada di Indonesia.  Dan, manfaatnya madu murni bagi kesehatan pun sangat bagus.

"Saya berharap semua orang tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia bisa mengonsumsi madu, karena madu terbaik ada di Indonesia, yaitu Bali Honey," terang Founder Bali Honey Ade Meylilia pada wartawan, Minggu (14/01) siang.

Menurutnya, banyak orang Indonesia yang tidak tahu cara membedakan madu asli dan palsu. Biasanya dengan harga murah masyarakat tertarik untuk membeli madu. Padahal kualitasnya tidak meyakinkan dan tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Ade menuturkan, dirinya tergerak membuat madu karena prihatin dengan madu yang ada saat ini. 
Sebelum memulai produksi madu, mantan Dirut Taman Mini Indonesia Indah (TMII) itu, terlebih dahulu melakukan riset, mulai dari pola hidup lebah hingga lokasi yang tepat untuk memproduksi madu. 

Dari riset tersebut, Ade memilih Daerah Bedugul, Bali sebagai tempat memproduksi madu. Sementara, untuk pengemasan dilakukan di kawasan Jatiasih. "Di agama apapun, madu disebutkan sebagai obat, dari sini saya tergerak untuk mengajak semua orang mengonsumsi madu yang layak konsumsi," kata Ade. 

Ade menambahkan, meskipun produksi madu dengan kualitas bagus sebagai usaha, namun dirinya tidak bosan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang khasiat madu baik untuk pria maupun perempuan.

Salah satu khasiat madu, menurut Ade, adalah sebagai antiagging. Seiring perkembangan, kebutuhan madu di Indonesia cukup tinggi mencapai 30 gram per tahun. Namun, kebutuhan terhadap madu tak sejalan dengan produksi madu di tanah air.

"Berdasarkan catatan, produksi madu di tanah air masih rendah, sehingga harus mengimpor sebesar 70 persen dari kebutuhan nasional atau sekitar 3 ribu ton madu per tahun," tambahnya, Minggu (14/01).

Untuk memenuhi kebutuhan madu domestik, masyarakat Indonesia cenderung kesulitan mendapatkan madu asli. Hal ini mengingat tingkat produksi yang masih rendah. (ibl)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.