Kamis, 20 September 2018 12:16 WIB
pmk

Fashion

Ketika Ahmad Iqbal Ghozali Merasa Passion-nya di Fesyen

Redaktur:

KREATIF-Iqbal dan sejumlah busana hasil rancangannya dalam sebuah fashion show.

INDOPOS.CO.ID - Berawal dari juara desain produk daur ulang semasa SMA, nama Ahmad Iqbal Ghozali kini mulai berkibar di dunia fashion tanah air. Berkat ide-ide kreatifnya, karyanya dilirik fashion stylist artis ibu kota.

FATIHAH FIQRI, Madiun

BAKAT Ahmad Iqbal Ghozali di bidang fesyen baru terlihat saat duduk di bangku SMA. Bermula saat Iqbal membantu teman yang hendak mengikuti lomba fashion show. Sejak itu, pemuda asli Kebonsari, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, tersebut merasa passion-nya memang di tata busana.

Selepas SMA, bungsu pasangan Mudakir dan Sudarsini itu melanjutkan studi ke jurusan art fashion Institut Seni Indonesia (ISI) Jogjakarta. Kuliah di luar daerah memaksanya mencari tambahan penghasilan. Pada semester III Iqbal coba membuka usaha jasa jahit. ‘’Tapi kadang saya menolak orderan karena takut kuliah keteteran,’’ akunya.

Selama kuliah, Iqbal juga aktif meng-update informasi kompetisi di bidang fesyen. Jogja Fashion Week 2015, misalnya. Namun, belakangan dia memutuskan tidak berpartisipasi. Nah, mengetahui seorang rekannya lolos 50 besar, dia menyesal. ‘’Soalnya saya merasa punya kemampuan tidak kalah dari dia. Akhirnya tahun berikutnya saya putuskan ikut,’’ kenangnya.

Benar saja, pada 2016 dia mengikuti Jogja Fashion Week dan menjadi juara  kategori evening dress. Sejak itu Iqbal mulai kebanjiran undangan berbagai ajang berbau fashion show. ‘’Pernah ikut Jogja International Batik Biennale dan Jogja Fashion Festival,’’ ujarnya.

Terbaru, Iqbal dipercaya Paguyuban Kakang Mbakyu (Pakandayu) untuk mendesain busana Kakang Mbakyu yang terpilih mewakili Kota Madiun di ajang Raka Raki Jawa Timur. ‘’Sudah ada pembicaraan awal. Kelanjutannya Februari nanti,’’ tutur runner-up Putra Lingkungan Hidup Kabupaten Madiun 2013 ini.

Bahkan, penyanyi dangdut ibu kota sekelas Ayu Ting Ting dan Zaskia Gotik disebut-sebut kepincut dengan rancangan mahasiswa semester VIII itu. ‘’Mas Wisnu Aji (fashion stylist Zaskia Gotik, Red) menghubungi saya, nanya boleh nggak kalau salah satu baju saya dipakai Neng Gotik,’’ paparnya.

Iqbal rupanya berjodoh dengan pelantun lagu Satu Jam Saja itu. Terbukti, saat menggelar konser tunggal 8 Januari lalu, Zaskia Gotik kembali memesan busana hasil rancangannya. ‘’Yang ini bertema pop corn,’’ ujarnya sembari menyebut Zaskia sempat melontarkan pujian lewat akun Instagram.

Sementara, busana yang dipesan Ayu Ting Ting bertema Hollywood warna peach dengan paduan songket yang kental nuansa Indonesia. ‘’Kebetulan fashion stylist-nya, jadi suruh bikin untuk Ayu Ting Ting sekalian,’’ papar Iqbal. (isd/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #fashion 

Berita Terkait

WICSF 2018 Padukan Kuliner dan Fashion

Fashion

Fall Winter 2018 yang Customizes

Fashion

IKLAN