Nasional

Kasad: Netralitas TNI Tidak Perlu Diperdebatkan dan Diragukan Lagi

Redaktur: Redjo Prahananda
Kasad: Netralitas TNI Tidak Perlu Diperdebatkan dan Diragukan Lagi - Nasional

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono usai memimpin serah terima jabatan sembilan pati dan satu pamen di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

INDOPOS.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal Mulyono mengingatkan kepada prajurit TNI AD untuk tetap menjaga netralitas seiring dengan akan digelarnya pilkada serentak di 171 daerah yang terdiri dari 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten. 

"Ini merupakan momentum strategis yang kembali akan menguji persatuan dan kesatuan bangsa kita yang sempat menghadapi goncangan seiring dengan pilkada 2017 yang lalu," kata Mulyono usai memimpin upacara serah terima jabatan (Sertijab) sembilan pati dan satu pamen di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (15/1). 

Netralitas TNI, diutarakan jenderal bintang empat tersebut, sesungguhnya sudah bergulir sejak era reformasi tahun 1999 silam. 
 
Sejak saat itu, TNI sudah tak lagi berperan di ranah politik praktis. Hal ini dibuktikan dengan pencabutan Dwi Fungsi ABRI, penarikan TNI dari legislatif pada 2004 serta reorganisasi dan reaktualisasi peran TNI.
 
"Netralitas TNI telah teruji dengan tidak adanya keinginan TNI untuk berpolitik praktis dan selalu menjadi penekanan bagi seluruh prajurit TNI dari tingkat atas hingga bawah," jelas mantan Pangkostrad itu.

Netralitas TNI, sambungnya, juga telah menjadi jiwa, nafas dan sikap yang ditunjukkan oleh seluruh prajurit TNI Angkatan Darat dalam kehidupan sehari-hari. "Oleh karena itu, netralitas bagi prajurit tni angkatan darat tidak perlu diragukan dan diperdebatkan lagi," tegas Mulyono.(ydh)

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.