Selasa, 23 Oktober 2018 11:33 WIB
pmk

Jakarta Raya

REI Dukung DP Nol Rupiah

Redaktur:

Wakil GubernurDKI Jakarta, Sandiaga Uno memberikan pengarahan pada acara pelantikan dan pengukuhan DPD REI DKI Jakarta, di Balai Agung, Balaikota, Jakarta, Kamis (18/1). Foto: Ismail Pohan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Puluhan pengembang elite yang tergabung dalam DPD Realestet Indonesia (REI) DKI mendukung program DP nol persen Pemda DKI. Komitmen tersebut mereka tandatangani di sela-sela pengukuhan pengurus di Balaikota Jakarta, Kamis (18/1).

Para  pengembang tersebut seperti, PT Adhi Persada Property, PT Agung Podomoro Land Tbk, PT Alam Sutera Realty, Ciputra Group, Lippo Group, Sinarmas Group dan sebagainya."Dengan penandatanganan ini kami mendukung DP 0 persen. Detail teknisnya kami akan bentuk tim kecil.

Bagaimana skema DP  0 persennya," ujar Ketua DPD REI Jakarta Amran Nukman, Kamis (18/1). Tim kecil itu, terdiri dari anggota REI. Pihaknya juga meminta unsur dari Pemprov masuk di tim tersebut. Seperti Sekda, Dinas Perumahan dan Perijinan.

"Kami juga melihat ketersediaan lahan. Dan perijinan, itu harus dipermudah. Ada intensif buat pengembang," pungkas Amran. Sementara itu, Presiden Direktur Eureka Group Lukman Purnomosidi mengatakan,  pihaknya menyambut baik komitmen tersebut. Hal itu akan berdampak signifikan terhadap perekonomian Jakarta. Menurutnya ada kesempatan pasar yang besar. Sebab ada demand 300 ribu unit rumah.

"Jika rata-rata harga rumah susun Rp 360 juta, maka potensi pasarnya sekitar Rp 108 triliun," ujarnya. Belum lagi kata Lukman, potensi ikutannya untuk hunian menengah dan komersial.

"Sehingga total kapitalisasi pasar bisa sampai  sampai tiga kali lipatnya, atau Rp 300 triliun. Katakanlah akan terserap realistis selama 10 tahun, maka pertahunnya ada Rp 30 triliun," ujarnya. Selain itu sektor konstruksi dan juga ratusan industri ikutannya akan bergulir cepat. Hal itu berdampak pada penerimaan pajak dan juga PAD Jakarta.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berharap REI DKI  menjadi mitra untuk mendukung program DP nol rupiah. Iapun mengapresiasi dukungan itu. "Kalau Pemprov DKI Jakarta sudah aksion tadi. Pak Anies telah melakukan  pencanangan program DP nol persen," ujarnya. (dai)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dp-nol-rupiah #rei 

Berita Terkait

IKLAN