Senin, 24 September 2018 11:24 WIB
pmk

Liga Inggris

Jamu Burnley, Nasib Mata di Ujung Jalan

Redaktur:

Juan Mata

INDOPOS.CO.ID - Juan Mata harus benar-benar konsisten menjaga penampilannya pada sisa musim ini agar tidak terlempar dari starting line up Manchester United. Peringatan ini disampaikan karena ambisi klubnya memboyong Alexis Sanchez. Bukan tidak mungkin, agenda pertarungan melawan Burnley malam nanti menjadi momentum akhirnya berdansa di panggung utama sebagai pemain inti.

Bergabungnya winger berkebangsaan Cile itu hampir pasti menutup kans Mata karena hobi sang arsitek yang menggunakan formasi 4-2-3-1.  Trio gelandang serang di belakang Romelu Lukaku sudah pasti diisi Alexis-Jesse Lingard-Anthony Martial/Marcus Rashford.

Bila hal tersebut terjadi, winger 29 tahun itu praktis mengulangi kisah kelabunya di Chelsea pada musim 2013-2014. Kala itu, The Blues baru saja bereuni dengan Mou. Nah, tactician asal Portugal itu lebih memilih playmaker asal Brasil Oscar ketimbang Mata. Imbasnya, pada paro musim, ia dilego ke United. Padahal, Mata adalah pilar penting Chelsea saat menjuarai Liga Champions 2011-2012 dan Liga Europa 2012-2013.

Itulah yang membuat laga malam ini menjadi ajang show off bagi eks penggawa Valencia itu. Dengan bermain apik, setidaknya ia bisa memiliki daya tawar kepada Mou. Padahal, Mata musim ini termasuk rajin menjadi starter. Buktinya, di sembilan laga terakhir, dia mencatatkan starter di delapan pertandingan.

Nah, pemain pertama yang sudah tersingkir dengan kebijakan transfer Alexis adalah Henrikh Mkhitaryan. Bahkan, eks personel Borussia Dortmund itu sudah "disingkirkan" secara perlahan oleh Mou. Hal serupa sangat mungkin menimpa Mata paling lambat di akhir musim.

Meski tahu posisinya terancam dengan kedatangan Alexis, pemain asal Spanyol tidak terlalu risau. Hanya, Mata harus pikir-pikir seribu kali lipat apabila ada tawaran menarik dari klub lain bulan ini yang menjaminnya satu tempat di starting line up. Hal itu tentu saja  untuk menjamin posisinya aman di timnas Spanyol untuk Piala Dunia Juni nanti.

"Saya memainkan banyak pertandingan bersama United. Terlebih, saya masih menikmati sepakbola di usia emas saya yang ke-29 tahun ini,'' kata Mata seperti dilansir Marca. ''Saya ingin terus melakukan yang terbaik dalam beberapa bulan ke depan. Bila Julen Lopetegui (pelatih Spanyol] memanggil saya, itu akan menjadi Piala Dunia ketiga saya dan saya harap bisa memberikan kontribusi maksimal," lanjutnya. (io)


TOPIK BERITA TERKAIT: #juan-mata #liga-inggris 

Berita Terkait

IKLAN