Rabu, 21 November 2018 01:14 WIB
pmk

Indobisnis

Taspen Gandeng Telkomsigma dalam Implementasi Layanan Digital Pembayaran Pensiun

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan (kiri) dan Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro usai peluncuran produk bisnis digital untuk pembayaran pension. Foto: Heriyanto/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - PT Taspen menggandeng Telkomgroup melalui anak usahanya PT Sigma Cipta Caraka (Telkomsigma) serta Mitra Bayar Pensiun dalam implementasi layanan digital pembayaran pensiun. Ini dilakukan Taspen dalam rangka mengemban visi menjadi pengelola dana pensiun dan tabungan hari tua (tht) serta jaminan sosial lainnya yang terpercaya. Menandai kerja sama ini, dilakukan launching Digitalisasi Pelayanan Pembayaran Pensiun di Bogor, Jawa Barat, Jumat malam (19/1).

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro mengatakan, di samping itu untuk memenuhi target pembayaran manfaat pensiun sesuai prinsip 5T, Tepat Orang, Tepat Waktu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat dan Tepat Administrasi. Launching ini, lanjut Iqbal, merupakan tindak lanjut dari penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) perihal pengembangan dan implementasi digitalisasi pelayanan pembayaran pensiun yang dilaksanakan oleh TelkomGroup dan TASPEN pada Oktober 2017 lalu.

”Dinamisnya perkembangan teknologi mendorong TASPEN memanfaatkannya dalam rangka mempermudah otentikasi peserta dan juga mempermudah kami dalam melakukan monitoring dan reporting terhadap penyelenggaraan pembayaran pensiun. Tentunya ini akan mempermudah proses rekonsiliasi dan pelaporan, mempercepat layanan pensiun, penyajian laporan lebih cepat dan terukur. Ini juga bentuk pertanggungjawaban kepada pemerintah dalam mengelola Dana Pensiun ASN sehingga meminimalisir terjadinya fraud,” ujar Iqbal usai acara launching yang dihadiri Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan dan CEO Telkomsigma Judi Achmadi, di Bogor, Jumat (19/1) sepert dirilis Humas Telkom, Sabtu (20/1).

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menyampaikan, sebagai BUMN di sektor telekomunikasi digital, TelkomGroup menyediakan infrastruktur IT dalam pengembangan sistem new e-Dapem dan enrollment.

”TelkomGroup mengembangkan infrastruktur eksisting yang terintegrasi dengan seluruh mitra bayar dengan satu aplikasi secara online, yang juga dapat diintegrasikan melalui perangkat atau device yang dimiliki oleh masing-masing mitra bayar dan peserta TASPEN untuk keperluan verifikasi atau otentifikasi,” imbuh Dian

Sedangkan mengenai enrollment, lanjut Dian, TelkomGroup menyiapkan infrastruktur seperti perangkat data perekaman, aplikasi, jaringan dan lisensi biometrik termasuk instalasi konfigurasi sampai implementasinya.

”TelkomGroup senantiasa berkomitmen menyediakan infrastruktur handal dan solusi Information & Communication Technology (ICT) terbaik untuk mendukungdigitalisasi pelayanan pembayaran pensiun TASPEN serta layanan lainnya dari berbagai sektor industri untuk kepentingan masyarakat Indonesia,” jelas Dian. (ers)


TOPIK BERITA TERKAIT: #digital #taspen #telkom 

Berita Terkait

IKLAN