Ancaman Penyakit Akibat Gaya Hidup

INDOPOS.CO.ID – Dunia seni tanah air berduka. Aktor kawakan, sekaligus mantan politisi Partai Demokrat yakni Raden Mas Haryo Heroe Syswanto Ns. Soerio Soebagio, atau lebih dikenal dengan nama Sys NS, berpulang pada Selasa (23/1) akibat penyakit jantung. Penyakit ini memang menjadi ancaman masa kini. Mengingat, gaya hidup masyarakat yang serba-instan.

Disebutkan sang kawan karib yang juga aktor senior Anwar Fuadi, Sys NS sejak 10 tahun lalu mengalami penyakit jantung. Sys pun sudah menjalani pemasangan ring jantung karena sakitnya ini.

“Dia sudah lama sakit. Tapi tidak pernah kelihatan capek dan selalu happy,” kata dia. 

Di Indonesia, penyakit jantung atau yang berhubungan dengan kardiovaskular memang menjadi momok tersendiri. Data dari Kementerian Kesehatan pun menunjukkan penyakit jantung koroner (PJK) menjadi penyebab kematian tertinggi pada semua umur setelah stroke, yakni sebesar 12,9 persen.

Baca Juga :

Kehamilan Tetap Prima di Saat Pandemi COVID-19

Sementara itu, data World Health Organization (WHO) pada 2012 juga menunjukkan 17,5 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit kardiovaskuler atau 31% dari 56,5 juta kematian di seluruh dunia.

Penyebab penderita penyakit ini pada umumnya adalah gaya hidup yang tidak sehat. Mulai dari merokok, konsumsi lemak berlebihan, jarang berolahraga, dan pola makan tak sehat. (Nyc)

Baca Juga :

Kenali Gejala Trigger Finger Sejak Awal

Komentar telah ditutup.