Minggu, 18 November 2018 11:36 WIB
pmk

Kesehatan

Minum Kopi Bisa Turunkan Berat Badan?

Redaktur:

Kopi hitam. Foto: Health

INDOPOS.CO.ID - Banyak orang berpandangan bahwa kopi hanya berguna untuk meningkatkan konsentrasi dan energi. Namun, tahukah Anda bahwa kopi juga berguna untuk menurunkan berat badan?

Kandungan kafein pada kopi bisa memengaruhi pola tidur seseorang. Jika Anda terus mengonsumsi kopi sepanjang pagi dan siang hari, ada kemungkinan Anda tidak bisa tidur dengan mudah di malam hari.

Sedangkan, pola tidur cukup memainkan peranan penting dalam mengatur berat badan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Chicago menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki banyak efek negatif pada tubuh, seperti konsumsi makan yang berlebih, risiko tinggi terkena diabetes serta obesitas.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengatur waktu minum kopi yang tepat agar pola tidur tidak terganggu.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung dalam secangkir kopi dapat meningkatkan proses metabolisme sebanyak 3-11 persen. Tidak hanya itu, kafein juga terbukti mampu membantu pembakaran lemak.

Pada penderita obesitas, konsumsi kopi dapat membantu pembakaran lemak hingga 10 persen. Sedangkan, pada orang yang tidak memiliki masalah obesitas, pembakaran mencapai 29 persen.

Meski begitu, minum kopi secara berlebihan juga bisa menimbulkan migrain, jantung berdebar, dan nyeri ulu hati. Jadi, kadar konsumsinya juga perlu dikontrol.

Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein bagi orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 mg per hari (setara dengan 4 cangkir kopi).

Jumlah tersebut juga aman untuk orang dewasa dengan berat badan normal. Namun, bila Anda termasuk dalam kategori berat badan kurang, maka artinya jumlah kafein yang Anda konsumsi harus lebih rendah dari itu.

Pemaparan di atas telah menjelaskan bahwa kopi memang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Namun, jika Anda memiliki penyakit asam lambung, ada baiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter agar terhindar dari masalah lambung.

Jadi, berusaha untuk menurunkan berat badan boleh saja, asal Anda tahu batasan yang aman untuk kesehatan.(NP/ RVS/klikdokter)


TOPIK BERITA TERKAIT: #minum-kopi #manfaat-minum-kopi 

Berita Terkait

Perut Sedang Kosong, Jangan Minum Kopi!

Lifestyle

IKLAN