Kamis, 15 November 2018 05:49 WIB
pmk

Indobisnis

Inovasi Tiada Henti Pos Indonesia

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Kemajuan zaman yang kian pesat, tidak bisa dipungkiri semakin menuntut beragam inovasi yang harus dihadirkan oleh sebuah perusahaan. Inovasi yang diberikan kepada pelanggan harus mampu memenuhi kebutuhan yang diperlukan di era digital ini.

Hal itu disadari betul oleh Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Gilarsi W. Setijono. Pria yang energik ini juga menyadari bahwa perubahan landscape bisnis dan disrupsi digital menjadi pendorong utama bagi Pos Indonesia agar tetap relevan dalam persaingan bisnis kurir dan finansial. 

Menurut Gilarsi W. Setijono, perubahan lanskap bisnis dan disrupsi digital menjadi pendorong utama bagi Pos Indonesia agar relevan kembali dalam persaingan bisnis yang baru. “Pos Indonesia memiliki infrastruktur yang memadai dalam pengiriman barang. Tinggal bagaimana mengubah infrastruktur tersebut menjadi relevan dengan kebutuhan konsumen seperti transaksi e-commerce,” ujar Gilarsi di Jakarta beberapa waktu lalu.

Dengan optimis Pos Indonesia bertekad untuk terus memberikan pelayanan yang optimal bagi pelanggan. Dengan semakin ketatnya persaingan di antara para penyedia jasa kurir, Pos Indonesia memperluas ranah tersebut dengan terus melakukan inovasi serta kenyamanan yang akan diterima oleh pelanggan. Salah satu inovasi yang diberikan ialah Cash On Delivery.

Bagi pelanggan yang berbelanja online, Pos Indonesia bekerjasama dengan Lazada untuk coverage area Jakarta dan Bandung menyediakan layanan COD ini. Varian lain dari COD yang dikembangkan Pos Indonesia adalah COD Restan yang memungkinkan pelanggan (penerima) melakukan transaksi pembayaran di Kantorpos setelah barang sampai. Layanan COD Restan yang berlaku saat ini sementara untuk kiriman Bali Sukses Jaya (BSJ).

Selain itu, kemajuan teknologi tak luput dari lebih mudahnya pelanggan dalam mengakses layanan Pos di internet. Kini Pos Indonesia menghadirkan Pos Order Number (PON) yang merupakan sistem pemesanan nomor resi pengiriman (ticketing system) secara online melalui situs www.posindonesia.co.id. Para pelanggan tidak perlu khawatir dengan keterbatasan waktu untuk mengecek nomor resi, juga keakuratan informasi tentang kiriman barang.

Inovasi lain yang digarap Pos Indonesia saat ini adalah dengan menghadirkan layanan SMS Notifikasi. Layanan SMS Notifikasi ini adalah satu bentuk engagement pelanggan dengan perusahaan. Dengan fitur ini, pelanggan Pos Express dan Pos Kilat Khusus mendapatkan informasi status kirimannya melalui short message service (SMS). Pos Indonesia juga akan mengembangkan fitur ini dengan membuat format notifikasi yang lebih up to date dengan dukungan operasional yang lebih baik.

Di tahun 2018 ini, Pos Indonesia semakin memperkuat posisi bersaing dengan menghadirkan kemudahan bagi para pelanggan dalam mengemas barang kiriman mereka. “Kami ini pelanggan lebih puas, aman dan nyaman,” tutur Gilarsi. Di Kantor Pos disediakan sebuah tempat di ruang tunggu (packing corner) yang dapat membantu pelanggan melakukan pengemasan kiriman sebelum melakukan transaksi di loket.

Berbagai kenyamanan yang ditawarkan, didukung pula dengan tarif layanan jasa kurir yang dinamis agar kompetitif dan memberikan benefit sebesar-besarnya bagi pelanggan. Kebijakan tarif yang dinamis ini diimplementasikan secara bertahap, dimulai dari penerapan tarif zona dan flat di beberapa kota potensial khususnya di Pulau Jawa dan penerapan tarif yang bersifat bottom up sesuai dengan kondisi pasar setempat.
Seluruh inovasi layanan yang terus dikembangkan sesuai dengan kebutuhan zaman di harapkan dapat diterima di tengah masyarakat dan menjadikan Pos Indonesia sebagai pilihan utama dalam memilih jasa kurir. (rmn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #pt-pos-indonesia 

Berita Terkait

BRI Perkuat Sinergi dengan Pos Indonesia

Indobisnis

Kantorpos-Bank BTN Beri Diskon Khusus

Indobisnis

IKLAN