Banten Raya

BNPB Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa, Ini Rinciannya

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
BNPB Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa, Ini Rinciannya - Banten Raya

LULUH LANTAK: Warga berusaha menyelamatkan harta bendanya setelah terjadinya gempa di Lebak, Banten. Foto: dok

INDOPOS.CO.ID - Bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Lebak, Banten terus mengalir. Seiring dengan Surat Keputusan Status Tanggap Darurat penanganan gempa yang berlaku 14 hari dari Selasa (23/1), hingga 5 Februari 2018. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga telah menyerahkan bantuan.

Diungkapkan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Kepala BNPB Willem Rampangilei telah menyerahkan bantuan logistik senilai Rp 302,9 juta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak. Bantuan berupa sandang 25 paket, tenda gulung 20 lembar, karung plastik 3.000 lembar, dan kantung jenazah 5 lembar. Tak ketinggalan, perlengkapan sekolah 300 paket, perlengkapan makan 160 paket, paket rekreasional 140, peralatan dapur keluarga 40.

"Dan 45 paket sandang anak-anak, familykit 10 paket dan paket kesehatan keluarga 10 paket. Selain itu juga bantuan 1 unit mobil double gardan untuk operasional BPBD," terangnya dalam rilis Jumat (26/1).

Dalam penanganan bencana tetap mengedepankan peran dan tanggung jawab Pemda Lebak dalam penanganan darurat, penyediaan logistik untuk masyarakat terdampak dan pendataan rumah yang rusak untuk ditetapkan dalam surat keputusan Bupati. Selain itu, pihaknya menekankan data mengenai rumah rusak segera diverifikasi agar proses rehabilitasi dan rekonstruksi cepat diselesaikan nantinya. Sehingga, penanganan tidak berlarut-larut dan korban bisa segera beraktivitas optimal seperti biasa. (nyc)

Berita Terkait


Baca Juga !.