Jumat, 21 September 2018 05:09 WIB
pmk

Indobisnis

FFI Dorong Digitalisasi Koperasi Sapi Perah

Redaktur:

CANGGIH- Kegiatan di KPBS Pangalengan. FOTO: DOK FFI

INDOPOS.CO.ID - PT Frisian Flag Indonesia (FFI) terus membangun Milk Collection Point (MCP) digital di Pangalengan. Lima MCP memfasilitasi peternak sapi perah untuk mendapatkan penilaian kualitas dan harga susu yang adil.

Melalui kemitraan dengan Koperasi Peternakan Bandung Selatan Pangalengan (KPBS Pangalengan), MCP juga dibangun untuk mendorong para peternak sapi perah agar terus untuk tata laksana dan tata kelola peternakan yang baik demi peningkatan kesejahteraan para peternak. Saat ini, KPBS Pangalengan mencatat data Total Plate Count (TPC) sekitar 0,3 juta cfu/ml untuk kualitas susu terbaik yang dihasilkan oleh para peternak sapi perah.

 ”Kami berharap pembentukan MCP dapat membantu meningkatkan pengetahuan dan pengalaman para peternak sapi perah,” ujar DDP Manager dan FDOV Project Frisian Flag Indonesia, Akhmad Sawaldi, di Jakarta, kemarin. Peihaknya tidak hanya menyediakan sistem digital untuk penilaian kualitas dan penetapan harga susu. Namun melalui inisiatif MCP, FFI memberikan pembinaan dan pelatihan serta alat pendukung.

Itu akan mendorong mereka terus meningkatkan tata laksana dan tata kelola peternakan sapi perah. Sistem digital akan memungkinkan data nilai TPC per peternak dari susu yang diproduksi untuk dipantau secara ketat. Data disimpan untuk proses pembelajaran dan pengalaman peternak. ”Pada akhirnya, kami berharap usaha peternakan para peternak dapat meningkat secara berkelanjutan,” katanya.

Sementara itu Ketua KPBS Pangalengan, Aun Gunawan, SE,   mengaku pihaknya sangat menghargai inisiatif FFI. Inisiatif tersebut menginspirasi para peternak sapi perah untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. ”Sejak MCP digital beroperasi di Pangalengan, terdapat kenaikan harga susu sebesar 10 persen yang dihasilkan oleh peternak sapi perah,” ungkapnya.

Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kualitas susu secara konsisten. Kedepannya, pihaknya akan menargetkan agar lebih banyak peternak sapi perah yang mendapatkan kenaikan harga. ”Saya juga berharap FFI dapat memperluas MCP digital ke daerah lain karena akan lebih baik jika para peternak sapi perah di Indonesia juga terinspirasi dan termotivasi oleh inisiatif MCP,” paparnya.(rls/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #frisian-flag 

Berita Terkait

IKLAN