Senin, 19 November 2018 12:30 WIB
pmk

Total Football

Pede Hadapi Barcelona, tapi Valencia juga Trauma

Redaktur:

Foto: INT

INDOPOS.CO.ID - Copa del Rey dan Barcelona adalah dua hal buruk dalam ingatan Valencia. Dua musim lalu, 2015-2016, Los  Che dihancurkan tujuh gol tanpa balas oleh Barca di leg pertama babak semifinal di Camp Nou.  Dan berdasarkan hasil undian semifinal, takdir mempertemukan kedua tim di semifinal Copa del Rey musim ini. Jumat dini hari nanti (2/2) di Camp Nou, Barca menjamu Valencia.

Entrenador Barca Ernesto Valverde dalam wawancara dengan Barca TV mengatakan Valencia sudah banyak berubah sejak pembantaian di Camp Nou dua tahun lalu. Patokannya Los Che untuk sementara nangkring di posisi ketiga klasemen di bawah Barca dan Atletico Madrid. 

“Ini adalah partai semifinal yang tak akan semudah dikira (orang-orang) jika kami ingin menembus final. Kami menaruh kewaspadaan kepada mereka (Valencia, red.) melihat bagaimana sepak terjang mereka musim ini,” kata Valverde.

Pria 53 tahun tersebut tak terpengaruh akan hasil terakhir Valencia saat dibekap Real Madrid 1-4 Minggu (28/1) lalu. Bagi Valverde, Valencia punya keuntungan karena mereka akan melakoni laga kandang pada pertemuan kedua (9/2).

Menurut Marca kemarin (31/1) Barca akan langsung tancap gas di pertemuan pertama dini hari nanti (2/2). Tak seperti first leg di babak-babak sebelumnya dimana Valverde melakukan rotasi skuad, kali ini Blaugrana bersiap menurunkan starting XI terbaiknya. Kalaupun ada pemain 'pelapis' yang dipertahankan adalah kiper Jesper Cillessen.

The deadliest duo Barca di lini depan, Luis Suarez dan Lionel Messi adalah teror yang harus dihentikan Valencia. Suarez sedang tokcer diantara delapan laga di ajang liga. El Pistolero terus mencetak gol dalam delapan pertandingan terakhir.

Messi, el pichichi La Liga dengan 20 gol, sangat garang kalau bermain di Camp Nou. Dari 17 laga kandang Barca di semua ajang La Pulga hanya absen bikin gol di enam laga. Tiga di La Liga, satu Copa del Rey, satu Supercopa Spanyol, dan satu Liga Champions.

Selain Suarez dan Messi kehadiran Philippe Coutinho juga akan memperkaya variasi serangan Barca. Setelah Coutinho diturunkan jadi starter saat lawan Alaves Senin (29/1) lalu, pemain 25 tahun itu punya peluang yang besar dimainkan lagi saat lawan Valencia.

Nah, pada pertemuan di La Liga musim ini Valencia berhasil menahan imbang Barca dengan skor 1-1 di Stadion Mestalla (26/11). Valencia unggul melalui Rodrigo Moreno lebih dahulu pada menit ke-60 sebelum akhirnya bek Barca Jordi Alba menyamakan skor delapan menit sebelum waktu normal rampung (82').

Penyerang Valencia Rodrigo Moreno kepada Mundo Deportivo kemarin (31/1) mengatakan dirinya sudah melupakan kekalahan memalukan tujuh gol tanpa balas oleh Barca. Selain Rodrigo, sisa skuad dari pembantaian tersebut adalah Jose Gaya, Dani Parejo, Ruben Vezo, dan Santi Mina.

 “Pertemuan kali ini bukan hanya soal pembalasan, laga ini penting dan spesial karena kami sudah sampai di semifinal laga. Dua tahun lalu memang hasil yang tak menyenangkan namun setelah kekalahan itu kami bertemu beberapa kali lagi dan kami cukup kompetitif,” tutur Rodrigo. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #copa-del-rey 

Berita Terkait

Ujian Perdana di Bernabeu

Total Football

Jamu Espanyol, Barcelona Ekstra-waspada Babak II

Total Football

Jamu Leganes, Real Madrid Incar Pesta Kedua

Total Football

Hadapi Leganes, El Real Serasa Lakoni Laga Final

Total Football

Atletico Madrid vs Sevilla, Reuni Simeone-Montella

Total Football

Atletico Madrid vs Sevilla, Reuni Simeone-Montella

Total Football

IKLAN