Selasa, 13 November 2018 07:52 WIB
pmk

Kesehatan

Begini Cara Memastikan Dokter Resmi

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho

Mohammad Adib Khumaidi. Foto:Samsudin/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Maraknya dokter bodong atau dokteroid menimbulkan kekhawatiran Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Sekretaris Jendral IDI Mohammad Adib Khumaidi mengatakan, sebagainya tertuang dalam Undang-Undang Praktik Kedokteran, syarat untuk menjalankan praktik kedokteran ialah harus memiliki surat tanda registrasi (STR) yang diterbitkan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI).

Untuk mendapatkan STR pun tidak mudah. Sebab, harus memiliki ijazah dokter yang diterbitkan olahraga Fakultas Kedokteran (FK) dan memiliki sertifikat kompetensi yang diterbitkan oleh Kolegum.

Karena itu, pihaknya mengimbau agar seluruh masyarakat bisa memanfaatkan website IDI yang menampilkan dikrektori anggota IDI guna memastikan bahwa dokter yang melayani merupakan dokter yang terdaftar sebagai anggota."Data itu juga sudah terintegritasi dengan KKI untuk memastikan dokter yang bersangkutan telag memiliki STR," ungkapnya.

Cara pencariannya juga disampaikannya mudah, masyarakat hanya perlu membuka situs www.idionline.org. "Nanti pilih tentang IDI, lalu pilih direktori anggota tinggal masukkan nama dokternya. Kalau ada muncul dan datanya sama, berarti dokter tersebut sudah terdaftar," jelasnya. (sam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #dokter-dokter-bodong #idi 

Berita Terkait

IKLAN