Jumat, 21 September 2018 07:27 WIB
pmk

Nasional

Dukung Permenhub 108, Pemerintah Jangan Goyah

Redaktur: Muhammad Izzul Mutho

Aliansi Masyarakat Trasportasi Nasional (Almatasi) melakukan aksi di depan kantor Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat, Kamis (1/2). Foto : muhammad rifani / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID – Sejumlah kelompok driver online memang ada yang menolak Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 Tahun 2017. Namun tak sedikit yang tetap mendukung regulasi ini.

Aliansi Masyarakat Transpirtasi Nasional atau Asmatasi mendukung Permenhub 108 dengan cara demo di Kantor Kementerian Perhubungan hari ini (1/2). Mereka meminta regulator jangan goyah. "Pemerintah jangan goyah dengan tekanan massa. Regulasi harus dijalankan, kalau longgar, bisa jadi makin buruk dan terus-terusan regulasi akan diperdebatkan," ucap ketua Asmatasi Cecep Handoko.

"Posisi kita setuju. Karena ini negara hukum, harus ada aturan main, jangan seenaknya sendiri," ucap Cecep Handoko kepada INDOPOS.

Massa yang jumlahnya mencapai sekitar dua ratus ini menyuarakan agar Permenhub 108 ini tetap dilanjutkan dengan alasan untuk keselamatan pengemudi dan penumpang. "Kalau saya lihat mereka (yang tidak setuju) salah satunya keberatan dengan uji KIR. Padahal kan itu niatnya baik, untuk menjamin keselamatan, jadi jangan mementingkan diri sendiri," jelas Cecep.

Terkait hasil demo dan mediasi, Cecep mengatakan, sudah menyampaikan aspirasinya. "Kita tadi disambut Dirjen Perhubungan Darat, dan aspirasi kita sudah didengar," ujarnya.

Mediasi menurut Cecep terkait dukungan terhadap Permenhub 108/2017 serta mempertanyakan tentang tindakan yang dilakukan pemerintah karena seharusnya per 1 Februari aturan sudah dijalankan.

"Kalau yang kita lihat di sini belum ada tilang ataupun operasi simpatik seperti yang direncanakan sebelumnya, tapi katanya di Surabaya sudah. Intinya kita ingin pemerintah menjalankan aturan itu," ujarnya. (rvn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #driver-online #permenhub-108-tahun-2017 #demo 

Berita Terkait

Hasil Demo Aliando, Permenhub 107/2017 Berstatus Quo

Jakarta Raya

Respons Istana soal Tuntutan Aliando

Jakarta Raya

IKLAN