Nasional

Geliat HPN 2018 Makin Lambungkan Kota Jam Gadang

Editor:

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID – Pesona pariwisata Sumatera Barat kian bertambah, setelah Tour de Singkarak serta pengakuan dunia atas kuliner terlezat melalui rendang maka nama Sumatera Barat tak tergoncangkan. Pasalnya, julukan Kota Jam Gadang ini di 2018 siap menghadirkan Hari Pers Nasional (HPN) pada tanggal 8 dan 9 Februari 2018.

Kehadiran HPN 2018 di Padang, Sumatera Barat mendapat sambutan positif dari Gubernur Sumatera Barat Iwan Prayitno. Dengan adanya HPN 2018, maka secara otomatis membawa nama Sumatera Barat melambung tinggi.

Baginya, pariwisata memang menjadi fokus utama yang ingin dikenalkan kepada ribuan insan pers yang akan hadir di Sumatra Barat nanti. Bahkan Pemprov Sumbar akan mengantar rombongan wartawan seantero Nusantara untuk berkunjung ke sejumlah destinasi wisata unggulan yang ada.

"Kami ingin, HPN sekaligus promosikan daerah kita. Nantinya masyarakat juga yang diuntungkan,” bebernya, Rabu (7/2/2018).

Ditambahnya, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Pemprov Sumbar) semakin bergerak cepat dan menggunakan momentum kedatangan ribuan insan pers seantero negeri dan perwakilan pejabat pemerintah pusat, pada HPN 2018 ini untuk mengenalkan pariwisata dan kulinernya. Terlebih, sejak 2017 Sumatera Barat meluncurkan branding baru Taste of Padang sebagai senjata untuk promosi pariwisata.

“Selaku Pemerintahan Sumatera Barat memberikan apresiasi serta rasa syukur dan terima kasihnya atas kepercayaan masyarakat pers nasional kepada Sumbar untuk menjadi tuan rumah HPN 2018,” tambahnya.

Mewakili pihak pers, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Sasongko Tedjo selaku Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat menyampaikan kekagumannya dengan kemeriahan HPN 2018 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumbar.

"Ternyata banyak kegiatan yang luar biasa, bahkan kegiatan tersebut juga diadakan di seluruh Sumatera Barat," lugasnya.

Hadirnya HPN 2018 membuat Menteri Pariwisata Arief Yahya angkat bicara, pasalnya keberadaan pers memiliki momentum yang bagus dalam memajukan promosi pariwisata di Tanah Air selain sosial media.

“Pers memberikan informasi buat seluruh wisatawan, dengan adanya pers maka ikut meninggikan derajat pariwisata di Indonesia. Oleh karenanya, kehadiran pers harus dihargai dan dihormati serta sama-sama menjunjung tinggi nama Indonesia agar terus dikenal dunia melalui pariwisata,” tukasnya.

Seperti diketahui, HPN merupakan kegiatan tahunan diselenggarakan masyarakat pers nasional yang terdiri dari Dewan Pers, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS), Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI), Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (PPPI), dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI).

HPN Sumbar 2018 mengangkat tema "Meminang Keindahan di Padang Kesejahteraan". Rangkaian acara HPN juga akan diisi konvensi dan seminar paralel mengenai perkembangan media massa sehari sebelum acara puncak, termasuk di dalamnya pertemuan akbar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dan bakti sosial.

Yang diprediksi paling meriah adalah pesta adat Makan Bajamba sekaligus pemberian anugerah Adinegoro pada tanggal 8 Februari dan puncak acara HPN 2018 pada tanggal 9 Februari 2018. Kedua kegiatan ini akan dihadiri Presiden Joko Widodo.(lis/ags)

Berita Lainnya

Banner

Facebook




Twitter