Sabtu, 22 September 2018 10:31 WIB
pmk

Tekno

Mengintip Cara Kerja Massive MIMO

Redaktur: Redjo Prahananda

Chief Technical Officer Smartfren Christian Daigneault pada kegiatan network and customers experience enhancemen di Jakarta, Kamis (8/2). Foto: Hermawan/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Chief Technical Officer Smartfren Christian Daigneault memberikan sedikit gambaran tentang sistem Massive MIMO. 
 
Christian membongkar teknologi baru ini dalam kegiatan network and customers experience enhancemen di Jakarta, Kamis (8/2).

"Massive MIMO ini memiliki banyak beam atau jalur transmisi ke perangkat dengan optimal sehingga meningkatkan stabilitas dan koneksi pada handset dengan kecepatan rata-rata per pengguna hingga 40 Mbps," jelas dia.

Massive MIMO, lanjut Christian, perbedaan mendasarnya adalah jumlah beam ataupun jalur ke headset. Kalau biasa antena hanya satu jalur yang lebar, sistem ini menggunkan banyak jalur kecil kecil.

Antena MIMO yang dibangun menggunakan frekuesi time division duplex (TDD) ini optimal untuk memberikan penguatan jaringan pada gedung tinggi. 
 
Selain itu, sistem ini juga optimal untuk menguatkan jaringan di tempat yang memiliki banyak pengguna, karena memiliki banyak jalur

"Gedung dengan jumlah lantai 30 lebih pasti akan susah mendapatkan sinyal. Melalui sistem ini jaringan bisa diarahkan dan mengcover gedung itu," sebut Christian. (awa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #smartfren 

Berita Terkait

Paket Unlimited Sasar Milennials

Indobisnis

Smartfren Temani Bali United di Liga 1 2018

Indobisnis

Smartfren Perkenalkan Massive Memo

Tekno

IKLAN