Nasional

Ini Kata Pak Polisi, Pemilik Akun Anonim Bisa Langsung Diblokir

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Ini Kata Pak Polisi, Pemilik Akun Anonim Bisa Langsung Diblokir - Nasional

Direktur Cyber Crime Mabes Polri Brigjen Pol Fadil Imran. Foto : Jaa Rizka Pradana / INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Direktur Cyber Crime Mabes Polri Brigjen Pol Fadil Imran menyatakan, pihaknya tidak akan segan-segan untuk memblokir akun-akun anonim yang bertebaran di media sosial.

Menurutnya akun tak bernama itu telah banyak menyebarkan berita-berita  hoax dan menebarkan kebencian, terutama usai terbongkarnya sindikat saracen yang berhasil dilumpuhkan Polri.

"Bisa ditindak (akun anonim). Tidak ada yang tidak meninggalkan jejak di internet, semua ada. Anda online menggunakan komputer bisa lihat IP-nya," ujar Fadil Imran dalam diskusi bertajuk Melawan Hoax dengan Budaya Literasi dan Bermedia Sosial yang Sehat di Kantor PDIP Jakarta, Jumat (9/2).

Dia menegaskan, sekuat apapun oknum yang bersembunyi, dalam teknologi sekarang ini pasti meninggalkan jejak. Sebenarnya Polri, kata Fadil, ingin membuat jelas pelaku kejahatan dengan akun anonim agar masyarakat bisa terlindungi dengan baik.

"Ya kalau ditanya pendapat saya yang terang benderang jauh lebih baik supaya masyarakat terlindungi. Bukan buat kami lho, buat masyarakat biar terlindungi," jelasnya.

Selanjutnya Fadil menghimbau kepada masyarakat untuk berhenti memproduksi berita-berita maupun meme-meme hoax yang mengandung ujaran kebencian.

"Saya kira penggunaan SARA sudah kita rasakan bersama dampaknya. Mari kita berhentj menggunakan penyebaran hoax, berita-berita yang berkonten SARA. Saya kira tidak ada manfaatnya buat kita semua," pungkasnya. (jaa)

Baca Juga


Berita Terkait

Nasional / Jelang Lebaran, Situasi Politik Tenang

Headline / Polisi Kurang Barang Bukti Ungkap Aktor Ricuh 22 Mei

Headline / Polisi Buru Habib Diduga Pembakar Mapolsek

Hukum / Tim Pencari Fakta Usut Penyebab Korban Meninggal

Nusantara / Tabrak Mahasiswa, Polisi Dicopot dari Jabatan


Baca Juga !.