Ekonomi

Tiongkok dan Jepang Dongkrak Perdagangan Negara Asia Pasifik

Redaktur: Wahyu Sakti Awan
Tiongkok dan Jepang Dongkrak Perdagangan Negara Asia Pasifik - Ekonomi

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johana Gani.

INDOPOS.CO.ID - Menurut laporan terbaru Grant Thornton bertajuk 'Asia Pacific: trading and thriving' mencatat pergerakan positif ekonomi di kawasan Asia Pasifik meski sempat mengalami perlambatan. Ini tergambar dari level optimisme bisnis mencapai titik tertinggi selama dua tahun terakhir yaitu di angka 41 persen.

Managing Partner Grant Thornton Indonesia Johana Gani menjelaskan, perekonomian yang cukup dinamis terutama digerakkan oleh dua kekuatan ekonomi, Tiongkok dan Jepang dan didukung meningkatnya perdagangan di negara-negara Asia Pasifik.

Hasil survei mencatat, 46 persen pelaku bisnis percaya ’One Belt One Road’ yang diinisiasi pemerintah Tiongkok dengan USD5 triliun. Ini merupakan kesiapan dana untuk program infrastruktur di Asia, Timur Tengah, Eropa dan Afrika dan akan menjanjikan cerahnya kesempatan pertumbuhan ekonomi.

''GDP sebesar 5,6 persen di 2017 di atas perkiraan GDP dunia,'' ujar Johana Gani di Jakarta.

Optimisme bisnis di Asia Pasitik didorong fakta bahwa, 50 persen dari pelaku bisnis memiliki keyakinan cukup tinggi akan stabilitas kondisi geolitik di kawasan Asia Pasifik yang tentunya akan menciptakan iklim bisnis kondusif untuk perdagangan bebas setidaknya lima tahun ke depan.

Riset Grant Thornton menunjukkan beberapa kemitraan perdagangan antar negara seperti Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dibentuk tahun 2015 lalu turut mendorong tumbuhnya kesempatan bisnis, selain itu Kemitraan Trans Pasifik juga dianggap mampu memperkuat hubungan dagang dan ekspor antar negara anggota walaupun Amerika Serikat menarik dukungannya tahun lalu.

Namun walau data pendukung tersebut terlihat positif dan meyakinkan, perlu juga diwaspadai beberapa ancaman yang mampu mempengaruhi pesatnya pertumbuhan ekonomi maupun optimisme bisnis di kawasan Asia Pasifik. (dew)

Berita Terkait

Ekonomi / BKPM Yakinkan Investor Asing

Ekonomi / Mustahil Ekonomi Tumbuh 5,3 Persen

Nasional / Pelatihan Wirausaha Muda Dorong Pertumbuhan Ekonomi


Baca Juga !.