Kamis, 20 September 2018 12:31 WIB
pmk

Kesehatan

Catat! Ini 9 Cara Sederhana Usir Diabetes

Redaktur:

Ilustrasi diabetes (Boldsky)

INDOPOS.CO.ID - Penderita penyakit degeneratif seperti diabetes semakin tinggi seiring banyaknya kasus obesitas. Faktanya, survei telah menunjukkan bahwa jumlah orang yang menderita diabetes di dunia telah meningkat dari 108 juta di tahun 1980 menjadi sekitar 422 juta pada tahun 2014.

Diabetes adalah penyakit kelainan metabolik di mana tubuh gagal menghasilkan insulin yang cukup. Sehingga meningkatkan kadar gula darah ke tingkat abnormal. Bila kadar gula darah terlalu tinggi, bisa menyebabkan gejala diabetes seperti kelelahan, sering buang air kecil, menurunkan kekebalan tubuh, dan penyembuhan luka yang lambat.

Maka, mulai sekarang terapkan pola hidup sehat seperti dilansir dari Boldsky, Minggu (11/2).

1. Mempertahankan Indeks Masa Tubuh
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa mempertahankan Indeks Massa Tubuh adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah dan mengobati sejumlah penyakit, termasuk diabetes. Memiliki IMT normal dapat mengurangi risiko diabetes hingga 70 persen.

2. Konsumsilah Salad
Pastikan mengonsumsi semangkuk salad, dengan berbagai macam sayuran dan sayuran hijau seperti wortel, timun, selada, tomat, bawang merah, bawang putih, dan lainnya. Setidaknya sekali sehari, sebelum makan siang atau makan malam. Mengonsumsi salad dengan cuka dapat membantu darah menyerap lebih sedikit gula dari makanan dan menjaga keseimbangan kadar gula darah sehingga menurunkan risiko diabetes.

3. Berjalan
Berolahraga sangat penting untuk tetap fit. Berjalan adalah salah satu latihan terbaik, yang bisa membantu tubuh lebih sehat. Dengan mengadaptasi rutinitas berjalan cepat minimal 40 menit setiap hari sejak usia muda, tingkat metabolisme dapat tetap cukup sehat untuk menjaga tingkat insulin dalam tubuh.

4. Konsumsi Biji-bijian Utuh
Pastikan makanan terdiri dari biji-bijian seperti oatmeal, beras merah, terutama untuk sarapan pagi. Biji-bijian utuh kaya nutrisi, termasuk serat. Kandungan serat dalam biji-bijian dapat membantu mengurangi kadar gula darah secara alami, sehingga mencegah diabetes di kemudian hari. Biji-bijian utuh juga memiliki manfaat kesehatan lainnya seperti mengobati sembelit, tekanan darah tinggi, dan lainnya.

5. Konsumsi Kopi
Walaupun ada banyak argumen di bidang medis mengenai pro dan kontra minum kopi, banyak penelitian telah menyatakan bahwa minum 2 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sekitar 29 persen. Tentu saja, kopi yang dikonsumsi harus tanpa gula. Antioksidan terkandung dalam secangkir kopi.

6. Makanan Cepat Saji
Mengonsumsi makanan cepat saji dan makanan olahan seperti kentang goreng, pizza, burger, dan sebagainya, dapat menyebabkan sejumlah penyakit, termasuk obesitas, kolesterol tinggi, masalah pencernaan, masalah jantung dan sebagainya. Makanan ini juga bisa menciptakan ketidakseimbangan kadar insulin dalam jangka panjang.

7. Konsumsilah Kayu Manis
Dengan menambahkan lebih banyak kayu manis ke dalam makanan, dalam bentuk minyak kayu manis atau bubuk, maka bisa menurunkan risiko terkena diabetes hingga 48 persen. Studi penelitian mengatakan bahwa kayu manis memiliki kemampuan alami menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida yang tidak sehat di tubuh.

8. Stress
Seringkali Stres adalah salah satu akar penyebab sejumlah penyakit, mulai dari sakit kepala sampai penyakit utama seperti kanker. Ini adalah fakta. Cobalah relaksasi seperti yoga untuk mengurangi stres. Turunnya kadar hormon kortisol dalam tubuh bisa mencegah diabetes.

9. Berhenti Merokok
Seiring dengan penyakit utama lainnya seperti kanker paru-paru, merokok juga terkait dengan diabetes. Jadi, singkirkan kebiasaan ini sesegera mungkin dan bisa membantu menurunkan risiko terkena diabetes. (jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kesehatan 

Berita Terkait

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

Krisis Obat Ancam Keselamatan Pasien

Jakarta Raya

Jauhi 5 Makanan yang Membuat Kulit Rusak dan Berjerawat

Kesehatan

IKLAN