Nasional

Dana Pendidikan Besar, DPR Minta Pemda Serius Urus dalam Realisasi Program

Redaktur: Heryanto
Dana Pendidikan Besar, DPR Minta Pemda Serius Urus dalam Realisasi Program - Nasional

Ketua DPR Bambang Soesatyo di gedung DPR.

INDOPOS.CO.ID - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengatakan, pemerintah daerah (Pemda) harus berupaya serius dalam merealisasikan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20 persen dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini menuturkan, bentuk keseriusan daerah dalam meningkatkan sektor pendidikan bisa terlihat pada pengalokasian dana di APBD. Padahal, jumlah dana transfer dari pemerintah pusat ke daerah meningkat. "Komitmen pemerintah daerah dalam mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk sektor pendidikan dinilai masih belum efektif," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (13/2).

Legislator ini mengatakan, DPR harus mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lebih sinkron dalam hal penggunaan anggaran pendidikan di APBD. "Meminta Komisi X mendesak Kemendikbud untuk mendorong pemda mengalokasikan 20 persen dari APBD untuk pendidikan," tegasnya.

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi X DPR mengevaluasi pengalokasian dana 20 persen dari APBD untuk pendidikan. "Sehingga target dari pembangunan pendidikan oleh pemerintah dapat tercapai dan tepat sasaran," pungkasnya. (jaa)

 

Baca Juga


Berita Terkait


Baca Juga !.