Minggu, 23 September 2018 01:58 WIB
pmk

Tekno

SMK Telkom Purwokerto Buka Tutup Pintu Pakai Gadget

Redaktur:

BERBAKAT-Zian Spectre melihat hasil karya siswa SMK Telkom Purwokerto.

INDOPOS.CO.ID - Mantan vokalis band Zigaz, Zian Spectre hadir di acara open house SMK Telkom Purwokerto, Jawa Tengah, bertajuk ”Zian Spectre Road to Telkom School,” kemarin. Selain tampil menghibur para penggemarnya, Zian juga melakukan kunjungan ke pameran karya siswa, serta berbagai fasilitas pendidikan.

Zian berkesempatan melihat karya siswa berupa IoT Smart Home. Yaitu  adalah sebuah sistem rumah pintar yang dikendalikan melalui aplikasi android, yang mampu menghidupkan lampu, membuka dan menutup pintu melalui gadget android. Produk siswa lainnya yang ditampilkan adalah penggunaan teknologi Augmented Reality, yaitu penggunaan obyek yang direkam kamera untuk dilibatkan dalam aplikasi, seperti game Pokemon.

Dalam kesempatan itu, yang dipamerkan siswa adalah uang Rp 50.000 yang dishoot dengan gadget kemudian muncul peringatan "Awas uang palsu." Ke depan software ini memang akan dikembangkan untuk mendeteksi uang palsu melalui kamera gadget.

Di lokasi Laboratorium Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Zian diminta mencoba live streaming, dengan menyanyikan sebait lagu Hidupmu Hidupku. Sontak membuat kaget dan decak kagum siswa dan pendengar Stematel radio. Kepala SMK Telkom Purwokerto Jumala mengatakan, kehadiran public figur ke sekolah memberikan  dampak positif.

"Kunjungan Zian Spectre ke sekolah telah memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa. Pada kesempatan yang bersamaan juga, Zian telah membantu untuk semakin mengenalkan SMK Telkom Purwokerto ke masyarakat," tuturnya.

Usai kunjungannya,  Zian mengatakan kagum dengan prestasi sekolah- sekolah yang berada di Kawasan Pendidikan Telkom Purwokerto. Apalagi kelengkapan fasilitasnya yang mendukung proses belajar dengan sangat baik, dan terbukti siswanya mampu menghasilkan berbagai karya inovasi yang luar  biasa.

"Saya tidak menyangka dan takjub, ternyata di kota Purwokerto terdapat potensi luar biasa, yang semuanya itu berada di kawasan pendidikan yang kondusif,  dengan sekolah-sekolah yang dilengkapi dengan teknologi maju, dan siswanya mampu berkarya yang tidak ketinggalan dengan sekolah-sekolah di kota besar,” papar pelantun tembang Sahabat Jadi Cinta tersebut.(yud/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

IKLAN