Minggu, 18 November 2018 07:05 WIB
pmk

Tekno

Whatsapp Uji Coba Fitur Baru untuk Kirim Uang

Redaktur:

Ilustrasi: WhatsApp (Reuters)

INDOPOS.CO.ID – WhatsApp kembali menghadirkan fitur baru. Aplikasi pesan instan itu akan bisa untuk berkirim uang antar pengguna WhatsApp. India menjadi negara pertama yang berkesempatan merasakan fitur WhatsApp Payment tersebut.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman IndianExpress, Senin (12/2), diberitakan bahwa India menjadi negara pertama di dunia yang ditunjuk WhatsApp untuk uji coba fitur pembayaran baru ini. WhatsApp Payment versi beta ini memungkinkan untuk mengirim uang ke sesama pengguna WhatsApp, terkecuali transaksi ke merchant pihak ketiga.

Penyedia layanan komunikasi yang masih dalam naungan Facebook itu bekerja sama dengan beberapa pihak untuk mewujudkan fitur pembayaran yang memanfaatkan Unified Payment Interface (UPI) itu. Pihak-pihak yang dirangkul WhatsApp antara lain State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank, dan Axis Bank. Fitur UPI tersebut akan memungkinkan aplikasi melakukan transaksi dengan dukungan bank-bank yang telah bermitra bersama WhatsApp.

whatsapp payment

Fitur WhatsApp Payment yang sedang diuji di India. (LiveMint)

 

Pengujian beta yang dilakukan perusahaan di India telah menunjukkan bahwa fungsi WhatsApp Payment berjalan baik disertai tampilan antarmuka pengguna WhatsApp.

Melihat screenshot dari iPhoneHacks yang dikutip LiveMint, WhatsApp Payment akan muncul dalam menu pengaturan di aplikasi pesan singkat tersebut. Pengguna kemudian harus mengonfigurasi fitur tersebut dengan melakukan verifikasi nomor telefon melalui SMS dan memilih bank.

Opsi untuk mentransfer uang atau malakukan pembayaran akan muncul dalam antarmuka WhatsApp, yakni di menu pilihan yang biasanya terdapat ikon sharing foto, video, file, kontak atau lokasi ke dalam obrolan.

Diberitakan The Economic Times bahwa fitur terbaru yang akan diluncurkan WhatsApp telah mendapatkan izin otoritas terkait di India untuk integrasi UPI dalam layanan pesan pada Juli lalu. Ini demi menerapkan WhatsApp Payment di negara tersebut.(ce1/ryn/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #whatsapp #aplikasi 

Berita Terkait

IKLAN