Jumat, 16 November 2018 09:14 WIB
pmk

Tekno

Pengen Internetan Rame-Rame tanpa Gangguan?

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

Deco M5-1 dari TP-Link. Foto: istimewa

INDOPOS.CO.ID - Pernah pusing tujuh keliling gara-gara pas lagi asik-asiknya streaming video masak memasak di YouTube, trus tiba-tiba putus? Rupanya pada saat bersamaan, ayah sedang main game online dan anak sedang nonton film kesayangannya. Aduh, bagaimana ini!

Tenang. Tak perlu pusing saat mengalami situasi tersebut. Deco M5 dari TP-Link menawarkan solusi terbaik mengatasi situasi tersebut.  Dengan jaringan mesh (mesh networking), Deco M5 tidak hanya menawarkan satu router, tapi menggabungkan dua atau lebih unit supaya tercipta jaringan konektivitas. Nah, keren kan.

Device ini dapat menghasilkan sinyal yang konsisten dengan penyebaran merata di setiap ruangan di rumah. Bahkan, saat semua perangkat dipakai aktif, seperti laptop , smart speaker, lampu pintar, smartphone, dan PCdesktop, Deco M5 tetap akan bekerja konsisten tanpa ada masalah.

Ini dikarenakan Deco M5 menggunakan teknologi routing adaptif (ART), di mana perangkat memilih jalur terbaik untuk koneksinya dan membuat jaringan tetap berjalan stabil

 Deco M5 adalah solusi jaringan mesh yang menyediakan jangkauan internet nirkabel tanpa batas dan keamanan menyeluruh melalui TP-Link HomeCare. Alat ini juga sering disebut Whole-Home Wi-Fi System.

 Device keluaran TP-Link ini berbasis dual-band AC1300 Wi-Fi router dengan kecepatan hingga 400Mbps pada jaringan 2.4 GHz dan 867 mbps pada jaringan 5GHz, serta MU-MIMO data streaming.

Dengan teknologi jaringan mesh dan parental control yang komprehensif, perangkat ini cocok dipasang untuk menciptakan akses internet aman untuk buah hati di rumah. Orang tua dapat mengontrol situs apa saja yang bisa diakses oleh anak-anak tanpa khawatir akan mengakses situs-situs ’berbahaya’.

Deco M5 juga dibekali antivirus agar user terhindar dari serangan virus dan malware karena sistem ini terintegrasi yang didukung oleh Trend Micro. Jadi, device ini bisa dibilang sebagai sistem jaringan Wi-Fi rumahan paling aman saat ini.

Bukan hanya itu, Deco M5 juga menawarkan aplikasi laporan bulanan untuk mengukur penggunaan, kecepatan internet, perangkat yang terhubung, dan laporan jika terdapat potensi serangan berbahaya yang akan diblokir oleh router TrendMicro bertenaga antivirus. Hal ini dapat dikontrol dari jarak jauh melalui aplikasi, bahkan ketika kita sedang tidak di rumah.

Bagaimana penampakan Deco M5? Perangkat ini hadir dengan tampilan yang minimalis, memiliki bentuk bulat pipih atau seperti cakram yang dilengkapi dengan lampu LED di bagian atasnya. Setiap unit dilengkapi dengan sepasang port Gigabit Ethernet dan adaptor utama USB type-C.

Di bagian bawah dilengkapi ventilasi untuk mengeluarkan panas. User dapat melakukan pengaturan dengan mudah melalui aplikasi Deco yang dapat diunduh dari Apple App Store ataupun Google Play.

Jika Anda tertarik membeli perangkat ini, Anda akan mendapatkan Paket Deco M5 yang terdiri atas 3 unit, masing-masing adalah router dengan 2 port Gigabit Ethernet. Jika Anda menggunakan unit ini secara bersamaan, deviceakan bekerja secara otomatis sebagai access point.

Sebagai sistem Wi-Fi, Anda dapat menghubungkan salah satu dari tiga unit perangkat Deco M5 ke sumber Internet seperti modem broadband untuk bekerja sebagai unit router. Setelah itu, letakkan unit Deco lainnya sekitar 40 kaki untuk berperan sebagai satelit. Hubungkan satu sama lain ketiga perangkat ini untuk menciptakan jaringan Wi-Fi mulus.

Selama Anda memiliki smartphone atau tablet yang terhubung ke Internet, memasang Deco M5 semudah menjalankan aplikasi seluler. Yang perlu Anda lakukan hanyalah men-download aplikasi Deco secara gratis melalui iOS atau Android dan ikuti instruksinya untuk membuat akun di TP-Link. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengelola jaringan dari mana saja. Ini karena keduanya yaitu aplikasi dan sistem Deco M5 terhubung ke server TP-Link setiap saat.

Deco M5 sudah tersedia di pasaran Indonesia mulai kuartal pertama 2018. Perangkat ini dijual mulai dari Rp 4,3 juta. (wsa)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #tp-link 

Berita Terkait

IKLAN