Selasa, 20 November 2018 03:31 WIB
pmk

Tekno

Fujifilm Siapkan Kamera Mirrorless Spesialis Video, Ini Keunggulannya

Redaktur:

Kamera mirrorless Fujifilm X-H1 (Engadget)

INDOPOS.CO.ID – Pabrikan kamera asal Minato, Tokyo, Jepang, Fujifilm dikabarkan sedang menyiapkan produk terbarunya. Seperti kompetitornya, Fujifilm ingin mengeluarkan kamera mirrorless terbaru yang punya spesifikasi andal di bidang video seperti Sony dan Panasonic.

Mengutip laman Engadget, Kamis (15/2), disebutkan bahwa unit kamera mirrorless terbaru yang akan dilempar Fujifilm ke pasaran bernama X-H1. Fujifilm X-H1 disebut-sebut akan menjadi tantangan serius bagi Sony dengan A7S Mark II-nya dan Panasonic dengan GH5-nya.

Fujifilm X-H1 membawa fitur flagship seperti sensor APS-C terbaru yang diklaim akan andal untuk kebutuhan videografi dan fotografi. Fujifilm X-H1 juga dilengkapi sensor X-Trans CMOS III dengan resolusi sebesar 24,3 megapiksel yang berada di bodinya seperti fitur yang ada pada Fujifilm X-T2 dan GFX 50S yang sangat ergonomis.

Fujifilm X-H1

Kamera mirrorless Fujifilm X-H1 (Engadget)

 

Fujifilm menyebutnya dengan sebutan ‘kamera dengan performa tertinggi di jajaran seri X’ berkat fitur Real 4K DCI Videos (4,096 x 2,160), pemotretan burst yang sanggup menyentuh angka 14 fps, dan untuk pertama kalinya di kamera Fujifilm yang dilengkapi dengan sensor 5 axis in-body stabilization.

Fujifilm X-H1 memiliki bodi tahan debu dan air yang lebih baik dari pada seri X lainnya dengan sudut genggaman yang lebih besar yang banyak diinginkan oleh para profesional. Dari beberapa sudut, tampilannya seperti X-T2, dengan dua dual-dial yang memungkinkan pengguna mengendalikan tidak hanya kecepatan rana dan ISO, tapi juga mode pemotretan dan fokus.

Fitur kunci lainnya adalah sensor stabilisasi 5 titik yang pertama dalam model X Series. X-1H memiliki tiga sensor aksial dan giroskopik serta prosesor ganda yang dapat melakukan 10.000 kalkulasi per detik. Sistem tersebut diklaim Fujifilm dapat memberi hingga 5,5 kali pengurangan guncangan pada gambar yang diambil. Lebih lanjut Fujifilm X-H1 juga memiliki electronic shutter dan shutter realease switch yang membuatnya bekerja hampir tanpa suara ketika melakukan pemotretan.

Fujifilm X-H1 memiliki layar Elektronik View Finder (EVF) OLED terbaru dengan pembesaran 0,75x dan memiliki 3,69 juta titik resolusi. Hal tersebut membuat Fujifilm memimpin kelas kamera mirrorless dengan APS-C. Tampilan lag-nya disebut hanya 0,005 detik dan kemampuan refresh pada 100 fps dengan sangat baik.

Spesifikasi yang diklaim mirip dengan EVF pada Sony A7R III. Layar utamanya sebesar 3 inci memiliki panel sentuh 1.04 juta dot yang dapat dimiringkan dalam tiga arah berkat engsel yang dimilikinya. Namun Fujifilm tidak menyebut apakah akan dapat diputar hingga 360 derajat untuk kebutuhan swafoto dan swavideo yang sedang hits sekarang ini.

Dengan X-H1, Fujifilm akhirnya membuat tawaran serius untuk menarik videografer. Pengguna bisa memotret 4.096 x 2.160 DCI, video 24fps, 3.840 x 2.160 pada 30p dan 1080p pada 120fps, dengan kecepatan bit maksimum hingga 200 Mbps. Itu cukup bagus, tapi tetap kalah dengan GH5 dari Panasonic yang dapat menangani 4K hingga 60 fps, dengan kecepatan bit maksimum 400 Mbps.

Fujifilm juga menambahkan mode 1080p, 120fps, perekaman kartu SD F-log untuk memperlancar alur kerja, pengaturan dynamic range hingga 12-stop dan mikrofon internal berkualitas tinggi.

Fitur utama lainnya termasuk mode ‘Flickr Reduction’ yang menghilangkan efek strobing dan banding di bawah cahaya menyilaukan. Ada juga WiFi 802.11b/g/n dan Bluetooth 4.0, sayangnya tidak ada fitur NFC.

Berbarengan dengan waktu peluncuran Fujifilm X-H1 Maret mendatang, Fujifilm juga meluncurkan sepasang lensa bioskop zoom yang sesuai dengan bakat video baru X-H1, Fujinon MKX18-55mm T2.9 dan MKX50-135mm T2.9 (T2.9 berarti F / 2.9).

Harganya diperkirakan akan berada pada kisarann USD 1900 atau setara dengan Rp 25,6 juta untuk bodinya saja. Kemudian ada pilihan lain yang mendapatkan paket battery grip seharga USD 2200 atau setara dengan Rp 29,7 juta untuk bodinya saja.(ryn/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #fujifilm #mirrorless #kamera 

Berita Terkait

IKLAN