Senin, 19 November 2018 12:07 WIB
pmk

Total Football

Pekan Dilematis Barca

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Dalam dua jornada terakhir di La Liga Barcelona sudah kehilangan empat poin. Sedangkan penguntit terdekatnya, Atletico Madrid, selalu meraih poin absolut ketika Barca imbang dua laga beruntun. Margin poin pun menyempit. Dari semula unggul 11 kini jadi tujuh poin (52-59).

Tergerusnya jarak ini membuat entrenador Barca Ernesto Valverde menemui situasi dilemamatis. Haruskah turun full team ketika menantang tuan rumah Eibar di Stadion Ipurua Sabtu malam ini (17/2). Atau membuat rotasi karena Rabu (21/2) mendatang Andres Iniesta dkk bertandang London menantang Chelsea di 16 besar Liga Champions.

Valverde kepada Marca mengatakan,  memenangkan mahkota La Liga tidaklah sesimpel yang diperkirakan banyak orang. Namun dalam latihan Barca Jumat (16/2) di Ciutat Esportiva Joan Gamper, kembalinya Thomas Vermaelen usai menepi karena cedera otot paha dalam 24 hari membuat skuad Barca jadi komplet.

 “Sangat masuk akal seandainya tidak setiap pertandingan kami meraih tiga poin karena tim selalu mengalami kemerosotan. Kami sangat senang bisa menambah tiga poin di setiap laga tapi kami dihadapkan melakoni bulan yang sibuk,” kata Valverde.

Akan  setelah bertanding lawan Getafe Senin (12/2) lalu, Barca tidak menjalani pertandingan di pertengahan pekan ini. Valverde pun kemudian memberikan libur dua hari, Selasa (13/2) dan Rabu (14/2). Tujuannya agar skuadnya lebih bugar dan rileks jelang pertemuan lawan Eibar ini.

Marca memprediksi rotasi di lini depan sangat mungkin terjadi. Apalagi Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA) Claudio Tapia sudah meminta kepada Barca agar melakukan penghematan tenaga Messi. Permintaan Tapia tersebut disebabkan Argentina juga butuh Messi pada musim panas mendatang di Piala Dunia Rusia.

 “Saya berdoa semua pemain kami akan tiba di Rusia dalam kondisi seperti mereka di klub saat ini. Kami sudah meminta Messi untuk lebih menjaga dirinya dan tentu kepada Barca kami meminta manajemen waktu yang lebih bagus bagi Messi,” tutur Tapia.

Tren produktivitas Messi dalam empat pertandingan terakhir Barca di semua ajang memang terlihat mandeg. La Pulga hanya membuat satu assist ketika berjumpa Espanyol (4/2) di La Liga. Sedangkan saat bertemu Valencia di semifinal Copa del Rey (1/2 dan 8/2) juga lawan Getafe (12/2) di La Liga, Messi tumpul.

Nah, momentum mengembalikan produktivitas Messi sangat pas jika direncanakan lawan Eibar ini. Apalagi ayah dua anak itu mencetak 12 gol dalam enam pertemuan. Pada perjumpaan pertama musim ini di Camp Nou (19/9) lalu Barca menggilas Eibar dengan skor 6-1 dan peraih lima gelar Ballon d'Or tersebut membikin quat-trick alias empat gol ke gawang Eibar.

Sedangkan gelandang Barca Sergio Busquets kepada EFE mengatakan kalau timnya sudah lebih fresh karena istirahat bertanding pada pertengahan pekan ini. Sejak 4 Januari sampai 8 Februari lalu dimana Barca selalu main di babak 16 besar, perempat final, dan semifinal Copa del Rey, maka skuad Barca dua kali lipat dibanding pesaingnya seperti Real Madrid atau Atletico Madrid yang sudah terpental di perempat final Copa del Rey.   “Periode Januari-Februari ini menuntut ketangguhan fisik maupun mental kami di lapangan pertandingan. Namun hal itu tak bisa dijadikan alasan atau pemakluman,” tutur Busquets. (dra)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-spanyol 

Berita Terkait

Selamat Datang Tekanan

Indosport

Coutinho Cedera, Blaugrana Merana

Indosport

Indiecito Layak Duduk di Kursi Panas

Indosport

Viktoria Plzen vs Real Madrid

Total Football

Hanya Mou yang Abaikan Benzema

Total Football

Melilla vs Real Madrid, Dua Pekan untuk Solari

Total Football

IKLAN