Senin, 19 November 2018 06:48 WIB
pmk

Wanita

3 Perlengkapan Bayi Ini Wajib Banget Bunda Miliki

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Menyambut kelahiran sang buah hati ke dunia tentu menjadi hal yang menggembirakan bagi setiap orang tua. Berbagai kebutuhan bayi seperti baju, tempat tidur, hingga perlengkapan mandi bayi juga baiknya mulai disiapkan beberapa bulan sebelum kedatangan si kecil. Nah, apakah Bunda sudah mempersiapkan semua kebutuhan bayi tersebut? Yuk, simak daftar di bawah ini dan pastikan jangan sampai ada yang tertinggal!

Perlengkapan Tidur

Ini dia salah satu perlengkapan bayi yang wajib Bunda siapkan. Biasanya, tempat tidur dan matras bayi menjadi barang yang pertama kali dibeli oleh para calon ibu. Meski begitu, tidak sedikit juga dari ibu yang beranggapan bahwa boks bayi tidak terlalu diperlukan. Well, sebenarnya pemikiran ini tidaklah benar,mengingat ketika berada dalam boks bayi, Bunda tidak perlu takut si kecil jatuh dari tempat tidur. Banyak jenis tempat tidur yang dijual dengan berbagai bentuk dan fungsi. Kenali kebutuhan si kecil dan pilih tempat tidur yang sesuai ya. Nah, selain tempat tidur, ada juga beberapa perlengkapan tidur lainnya yang perlu Bunda siapkan.

  • Perlak
    Ini berguna untuk menjaga matras tetap kering meski si kecil ngompol saat tidur.
  • Kelambu
    Jika tidak ingin si kecil digigit oleh nyamuk, jangan lupa untuk menutupi boks bayi dengan kelambu.
  • Kain Gendong
    Memudahkan Bunda ketika menggendong bayi, cari kain yang lembut, ya.

Perlengkapan Mandi

Dalam menyambut kelahiran bayi, Bunda haruslah pandai dalam memilih produk-produk yang baik untuk kesehatan si Kecil. Sama halnya ketika memiliki perlengkapan mandi bayi, bunda harus lebih selektif dalam melihat setiap kandungannya. Kenapa? Pasalnya kulit bayi baru lahir masih sangat sensitif dan mudah terkena alergi. Itu sebabnya, sebisa mungkin hindari produk yang mengandung pewangi, ya! Berikut adalah jenis perlengkapan mandi bayi yang harus Bunda persiapkan.

  • Sabun Bayi
    Cari produk yang khusus untuk bayi dan tidak mengandung pewangi.
  • Minyak Telon
    Produk ini sangat berguna untuk menghangatkan tubuh si kecil. Selain itu, minyak telon juga bisa dioleskan pada bekas gigitan nyamuk.
  • Baby Lotion
    Selama beberapa bulan setelah kelahirannya, tubuh bayi akan terlihat sangat kering. Rutin mengoleskan pelembap pada kulit si kecil akan membuatnya terasa kenyal dan
  • Bak Mandi
    Bertujuan untuk memudahkan ibu dalam memandikan bayi.
  • Waslap
    Ini dipakai untuk menyeka kulit bayi saat mandi.
  • Handuk
    Kulit si kecil masih sangat sensitif sehingga Bunda disarankan untuk mencari bahan handuk yang lembut.

Perlengkapan Menyusui

Perlengkapan menyusui memegang peranan penting dalam keberhasilan serta kelancaran ASI. Seperti yang kita ketahui, ASI memiliki segudang manfaat bagi kesehatan bayi dan ibu. Pasalnya, ASI dapat mencukupi seluruh kebutuhan energi dan nutrisi yang diperlukan bayi selama enam bulan hidupnya. Nah, untuk mendukung Bunda dalam menyusui, pastikan perlengkapan ini telah disiapkan ya!

  • Pompa ASI
    Jika ASI ibu susah keluar, cobalah untuk rutin melakukan pompa.
  • Wadah untuk ASI
    Agar ASI tidak terbuang sia-sia, baiknya Bunda menyediakan wadah untuk menyimpan ASI.
  • Kulkas
    Pada dasarnya, ASI akan mengalami penurunan kualitas jika dibiarkan begitu saja dan tidak dimasukkan ke dalam kulkas.
  • Pembersih Botol
    Pastikan botol yang digunakan si kecil steril agar ia selalu terhindar dari penyakit.
  • Kain untuk Menyusui
    Ini berguna untuk keadaan darurat saat si ibu ingin memberi ASI pada anak di tempat mudah. Kain untuk menyusui akan menutupi sehingga Bunda tidak perlu lagi repot mencarii baby room lagi.

Itulah beberapa daftar perlengkapan bayi yang perlu Bunda siapkan untuk menyambut kelahiran sang buah hati. Yuk, mulai siapkan perlengkapan di atas dan sambut kedatangan si Kecil dengan penuh semangat dan persiapan yang matang. Semoga artikel ini membantu, ya! (*/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lifestyle 

Berita Terkait

IKLAN