Soal Hoax Orang Gila Serang Ulama, Pemerintah Gagal Fokus

INDOPOS.CO.ID – Belakangan ini publik tersentak dengan maraknya hoax yang memanfaatkan isu penyerangan tokoh agama dan rumah ibadah dilakukan oleh orang gila.

Pengamat Politik dari Median, Rico Marbun menyayangkan reaksi dari pemerintah melalui aparat keamanannya. Alih-alih menyelidiki penyerangan tersebut, aparat justru fokus menggembar-gemborkan isu hoax.

“Yang dipermasalahkan (aparat) itu malah asapnya bukan apinya. Yang dipermasalahkannya justru sumber hoax. Penyerangan ini kan sumber keresahan masyarakat, nah sebetulnya ini benar nggak ini, bukan itu (hoaxnya) yang dipermasalahkan,” terang Rico di Jakarta, Kamis (22/2).

Dia menerangkan, seharusnya aparat menyelidiki fenomena orang gila yang pada tahun-tahun sebelumnya tidak ada, lalu tiba-tiba menyerang tempat-tempat peribadatan serta menganiaya ulama. “Tiba-tiba orang gila semua kan aneh,” tandasnya.

Kalau hal tersebut dijawab serius dengan tidak mencari kambing hitam yang lain, kata Rico, citra negatif dari pemerintah yang dipersepsikan kalangan masyarakat itu pasti akan hilang.

“Jadi yang diteliti itu benar nggak sih ada upaya-upaya sistematis dibalik penyerangan itu. Tiba-tiba banyak orang gila nih yang mengadu domba umat beragama di Indonesia. Masa orang gila ini tiba-tiba muncul kan aneh itu,” pungkas Rico. (jaa)

Komentar telah ditutup.