Rabu, 26 September 2018 12:28 WIB
pmk

Nusantara

Intensitas Hujan Tinggi, Bencana di Berbagai Daerah

Redaktur: Wahyu Sakti Awan

PERAHU KARET: Minim resapan air dan penampungan air, akibatkan banjir di beberapa daerah. Foto: istimewa.

INDOPOS.CO.ID - Hujan yang mengguyur pada Februari ini, mengakibatkan sejumlah bencana terjadi. Khususnya Pulau Jawa yang Februari hingga Maret masih diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Seperti di Brebes, Jawa Tengah, kembali diterpa musibah. Belum usai pencarian dan evakuasi korban tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kecamatan Losari, Kabupaten Brebes dilanda banjir akibat luapan sungai Cisanggarung yang mengakibatkan tanggul jebol pada Kamis (22/2) malam. Banjir pun cukup tinggi mulai dari 50 cm hingga 120 cm.

"Satu orang meninggal dunia akibat terseret banjir. Korban bernama Mutmainah, 45 tahun, terseret arus pada Kamis malam," terang Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, Jumat (23/2), di Jakarta.

Banjir besar juga melanda Kabupaten Cirebon pada Jumat (23/2) siang.  Tanggul di beberapa titik jebol menyebabkan banjir merendam permukiman, lahan pertanian dan fasilitas publik. Selain itu, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Bandung juga terendam. Akibatnya ratusan ribu masyarakat terdampak banjir tersebut.

Tidak hanya itu, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah juga dilanda longsor. Sekitar 98 keluarga terancam longsor dan 407 jiwa mengungsi. (nyc)


TOPIK BERITA TERKAIT: #banjir #bencana-alam 

Berita Terkait

Dua Kabupaten Tenggelam

Nusantara

Aceh Jaya Dilanda Banjir, 640 Warga Mengungsi

Nusantara

IKLAN