Sabtu, 17 November 2018 10:21 WIB
pmk

Wanita

Tips Terhindar dari Rambut Rontok

Redaktur:

TATA - Tips merawat rambut agar tidak mudah rontok dipaparkan di peluncuran ”Dove Hairlympic Studio” di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

INDOPOS.CO.ID - Rambut adalah mahkota wanita. Tak heran, kaum hawa rela menghabiskan waktu berjam-jam di salon demi mendapat rambut yang sehat dan indah.

Namun, rutinitas ke salon ternyata tidak serta merta menyelesaikan persoalan rambut. ''Padahal sudah rutin ke salon, tapi masih aja rambutnya rontok,'' aku Rika, 28, pegawai swasta di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat, saat dimintai pendapatnya.

Rambut rontok adalah salah satu masalah yang paling sering dihadapi wanita modern Indonesia. Diluar faktor genetik yang merupakan penyebab paling umum untuk permasalahan rambut rontok, ternyata banyak sekali faktor lain yang ternyata dekat dengan aktivitas keseharian.

Hair Expert dr Gloria Novelita SpKK mengatakan, kebiasaan mengikat atau cempol rambut terlalu kencang, ternyata menjadi faktor pemicu kerontokan loh, ladies. ”Mengikat rambut terlalu kencang bisa menyebabkan tekanan berlebihan pada folikel rambut, sehingga rambut mudah rontok,'' jelasnya disela peluncuran ”Dove Hairlympic Studio” di The Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Kamis (22/2).

Pola daerah kerontokan umumnya terjadi pada daerah pelipis, belakang telinga, dan puncak kepala. Selain karena mengikat terlalu kencang, wanita kadang lupa menjaga asupan nutrisi ataupun melakukan aktivitas fisik yang cukup.

Kekurangan nutrisi pada tubuh, lanjutnya, bisa menghambat sirkulasi darah sehingga pertumbuhan rambut akan terganggu. Stres juga menjadi faktor utama kerontokan rambut.

''Jika tidak segera diatasi, rambut yang dalam siklus ini akan dengan mudah rontok saat kita menyisir atau mencucinya,'' papar Gloria. Kebotakan rambut bisa mengikis psikologis seorang wanita.

”Merasa kurang cantik, sehingga wanita menjadi pasif dan introvert. Baik di tempat kerja maupun lingkungan pergaulan. Belum lagi, rambut rontok juga membatasi wanita untuk menata rambut dengan bebas,” urainya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, dilema kerontokan juga menghantui wanita berhijab. ”Penggunaan hijab yang terlalu ketat dalam jangka panjang bisa menyebabkan rambut rontok juga,” imbuhnya.

Sementara itu, Head of Hair Care Division PT Unilever Indonesia Tbk Asima Haq mengungkapkan,  rambut rontok merupakan tiga masalah teratas pada wambut wanita. Maka itu, pihaknya meluncurkan rangkaian program “Dove Hairlympic Studio” sebagai wadah bagi wanita Indonesia menemukan solusi menguatkan rambut, tubuh dan pikiran. (dew)

Lima Nutrisi Penghambat Rambut Rontok

  1. Protein

Makanan tinggi protein sangat banyak dan mudah ditemukan, seperti daging, telur, ikan, dan kacang-kacangan.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak membantu menyehatkan kulit kepala dan membuat rambut berkilau. Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond, ikan (salmon, tuna, dan sarden), alpukat, dan bayam.

  1. MSM (Metil Sulfonyl Metana)

Membantu memproduksi keratin (protein rambut). MSM ada pada susu, tomat, dan jagung.

  1. Vitamin B-kompleks

Vitamin B-kompleks dapat ditemukan dengan mudah pada buah-buahan dan sayuran, seperti alpukat, pisang, apel, bayam, kubis, brokoli, asparagus, kembang kol. Selain itu, juga ditemukan pada daging, seafood, kacang-kacangan, telur, dan produk susu.

  1. Vitamin C

Meningkatkan produksi kolagen yang merupakan elemen penting dari rambut. Antara lain ada pada buah jeruk, jambu biji, stroberi, bayam, dan paprika merah.

Berbagai sumber


TOPIK BERITA TERKAIT: # 

Berita Terkait

Target PAD Reklame Tak Tercapai

Megapolitan

Mabes Polri: Situasi Sudah Terkendali

Headline

Martir (Hidup) Itu Bernama Novel Baswedan

Opini

Asyik, Ariel Tatum Balikan Lagi Sama Mantan

Indotainment

IKLAN