Minggu, 18 November 2018 11:32 WIB
pmk

Total Football

Barcelona vs Girona, Kawalan Superketat Sang Tamu untuk Si Kutu

Redaktur:

Lionel Messi

INDOPOS.CO.ID - Barcelona masih sempurna di La Liga. Bahkan di lima liga elit Eropa, Barca adalah satu-satunya tim pemuncak klasemen yang belum menelan kekalahan.  Tapi, performa itu tak berlaku buat Lionel Messi.  La Pulga alias Si Kutu-julukan Messi-belum mampu menambah pundi-pundi golnya di La Liga.  Total,  dalam tiga laga terakhir di La Liga, Messi masih scoreless.

Girona yang akan melawat ke Camp Nou malam nanti, punya potensi untuk merepotkan Messi.  Ini berkaca pada pertemuan pertama di Stadion Montilivi pada 23 September lalu.  Barca saat itu memang menang 3-0.  Tapi, dua gol buat Barca saat itu tercipta lewat bunuh diri para pemain Girona. Cuma Luis Suarez dari kubu Barca yang bisa menciptakan gol.

Messi ? Bapak dua anak itu mati kutu dijaga oleh bek Girona Pablo Maffeo. Maffeo yang berstatus pinjaman dari Manchester City, memang ditugasi entrenador Girona Pablo Machin untuk menempel ke mana pun Messi berada.  Nah, harapan Messi untuk mengakhiri kebuntuan kembali membuncah.  Ini seiring sumbangan satu gol yang menyelamatkan Barcelona dari kekalahan saat melawan Chelsea Rabu lalu (21/2).  

Tapi, menilik keberhasilan Maffeo mematikan Si Kutu, Machin memberi isyarat untuk menerapkan strategi yang sama malam nanti.  Demi tugas mulia mengawal La Pulga, Maffeo hanya bermain sepuluh menit ketika Girona menang atas Leganes 3-0 Sabtu (17/2) lalu. “Saya pikir Messi mengalami situasi d imana dia tak bisa menjadi pemain penentu seperti yang biasa terjadi padanya. Biasanya Messi selalu mencetak gol atau memberikan assist,” kata Machin kepada Marca. “Kami berusaha mengontrol Messi agar tidak melahirkan situasi-situasi yang kian membahayakan kami,” tambah pria berusia 42 tahun tersebut.

Saking frustrasinya karena penjagaan Maffeo, Messi saat itu sempat  mengalihkan perhatian dengan mengobrol dengan Maffeo. “Dia menanyakan berapa usia saya, apakah saya pemain pinjaman dari Chelsea. Kami berbicara banyak karena saya berada didekatnya terus,” ucap Maffeo kepada Movistar Plus setelah laga 23 September lalu itu.

Gelandang Barca Ivan Rakitic kepada Marca mengaku sudah bisa memprediksi strategi Girona.  Rakitic pun yakin Messi kali ini bisa melepaskan diri dari kawalan Maffeo. “Messi sudah sering dan terbiasa dalam pengawasaan bek-bek lawan. Dan kali ini saya berpikir kalau Maffeo akan kesulitan menjaga Messi,” tutur gelandang timnas Kroasia itu. 

Barca kehilangan bek tengahnya Gerard Pique karena cedera lutut. Selain absen lawan Girona (25/2), suami penyanyi asal Kolombia Shakira itu diperkirakan menepi ketika Barca versus Las Palmas (1/3) mendatang.

Absennya Pique memberikan ruang kepada bek asal Kolombia Yerry Mina untuk tampil. Siapa tandemnya ? Samuel Umtiti yang biasa berpatner dengan Pique siap dimainkan. Kalau Umtiti disimpan masih ada Lucas Digne yang bisa jadi kompatriot Yerry. (dra/bas)

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-4-2) : 1-Ter Stegen (g) ; 2-Semedo, 24-Mina, 23-Umtiti, 19-Digne ; 22-Vidal, 5-Busquets, 4-Rakitic, 14-Coutinho ; 10-Messi (c), 9-Suarez

Pelatih : Ernesto Valverde

Girona (3-4-2-1) : 13-Bono (g) ; 4-Ramalho, 2-Espinosa, 15-Juanpe ; 11-Aday, 6-Granell (c), 23-Garcia, 3-Mojica ; 24-Garcia, 9-POrtu ; 7-Stuani

Pelatih : Pablo Machin

Stadion Camp Nou, Barcelona

Wasit : Javier Alberola


TOPIK BERITA TERKAIT: #barcelona #liga-spanyol 

Berita Terkait

Selamat Datang Tekanan

Indosport

Coutinho Cedera, Blaugrana Merana

Indosport

Coutinho Cedera, Blaugrana Merana

Indosport

Indiecito Layak Duduk di Kursi Panas

Indosport

Hari Bahagia Malcom

Liga Champions

Viktoria Plzen vs Real Madrid

Total Football

IKLAN