Jumat, 21 September 2018 07:04 WIB
pmk

Tekno

Begini Cara Mengatasi Smartphone Basah Kena Air Hujan

Redaktur:

Ilustrasi: smartphone yang masuk air (Cnet)

INDOPOS.CO.ID – Cuaca di sejumlah kota di Indonesia belakangan ini sedang tidak menentu. Matahari terik dari pagi hingga siang hari seringkali mendadak berubah awan mendung berarak disertai hujan dan petir. Kondisi demikian tentu merepotkan bagi sebagian besar orang. Apalagi jika harus bekerja dan tidak bisa lepas dari perangkat elektronik yang menunjang kegiatan sehari-harinya. Smartphone salah satunya.

Bagaimana jika kamu terpaksa membawa smartphone milikmu pergi dalam kondisi cuaca tidak menentu? Kalau smartphone-mu masuk dalam kategori tahan air, hal ini tentu tidak masalah. Namun bagaimana jika smartphone kamu tidak tahan air? Hal ini tentu akan membuatya kebasahan dan berbahaya bagi smartphone kamu.

Nah, berikut ini JawaPos.com akan memberikan tips mengatasi smartphone yang kemasukan air atau bahkan tercebur ke dalam air.

Pertama, jika smartphone kamu sudah dalam kondisi kemasukan air. Perhatikan baik-baik jangan sampai melakukan hal berikut. Jika smartphone kamu sudah dalam kondisi mati, sangat tidak dianjurkan untuk langsung menyalakan ponsel kamu dalam keadaan basah. Sebab, hal tersebut bisa memicu terjadinya korsleting. Jika kamu bersabar tidak terburu-buru menyalakan ponsel basah itu, kemungkinan korsleting dan perambatan kerusakan komponen lain bisa sedikit dicegah.

Kemudian dalam kondisi terkena air namun ponsel masih hidup, jangan melakukan hal-hal sembrono seperti memiring-miringkan perangkat dan memencet-mencet tombol sembarangan. Hal tersebut masih erat kaitannya dengan merambatnya air ke celah komponen lain.

Kedua, jangan melakukan teknik pengeringan dengan sembarangan memanfaatkan udara panas. Udara panas seperti hair dryer ataupun blow dryer memang mampu membuat air pergi. Bisa karena penguapan ataupun keluar ke melalui celah-celah lainnya.

Meski demikian, air yang dipanaskan mampu membuat perangkat kering seketika. Perlu dicatat bahwa air tersebut bisa jadi mengering dan berkarat di komponen berbahan logam di bagian dalam ponsel milikmu. Hal tersebut bisa jadi bekerja, namun bisa juga memperparah kondisi smartphone-mu karena komponen dalamnya berkarat.

smartphone kena air

Ilustrasi: pengelapan smartphone yang masuk air (AndroidPit)

 
Ketiga, yang harus kamu lakukan adalah matikan segera ponselmu jika mendapatinya masih dalam keadaan hidup usai terkena air maupun tercebur. Jika ponselmu masuk atau tercebur dalam air kotor atau air laut, maka basuhlah dengan kain kering kemudian kain yang dibasahi sedikit dengan air tawar bersih, ingat ya sedikit saja. Hal tersebut mutlak dilakukan untuk menetralisir garam air laut maupun zat-zat lain dalam air kotor yang bersifat abrasif atau merusak.

Keempat, buka casing pelindung dan lepaskan baterai smartphone-mu jika ada. Sebab saat ini banyak smartphone sudah menerapkan sistem baterai unibody atau tertanam di perangkat. Lepaskan kartu sim, micro SD-nya jika ada.

Jika kamu mengindikasikan air sudah masuk ke komponen lebih dalam, maka gunakanlah perangkat pengering yang mampu menyedot, bukan menghembuskan angin. Tujuannya agar air tersedot keluar, bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun perangkat penyedot lainnya.

Kelima, lakukan prosedur pengeringan tradisional. Ya, tradisional. Sebab caranya memang benar-benar nampak kuno, namun khasiatnya terbukti ampuh. Masukan ponselmu ke dalam beras. Tumpukan beras terbukti dapat menghasilkan hawa hangat dan mampu menyerap cairan. Rendam ponselmu selama kurang lebih 24 jam. Jika sudah jangan terburu-buru untuk menyalakan, ingat jangan terburu-buru.

Jika kamu masih meyakini akan adanya air pada komponen ponselmu, maka diamkan lagi selama dua atau 3 hari sampai kamu yakin benar-benar sudah kering baru kemudian nyalakan. Jika baterainya sudah dimasukkan dan tidak bisa menyala, maka cobalah menggunakan perangkat pengisian daya. Jika nyala berarti hanya baterainya saja yang rusak.

smartphone kena air

Ilustrasi: perbaikan smartphone (AndroidCentral)

 
Terakhir, periksalah seluruh bagian yang kasat mata. Pastikan seluruh komponen bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Misalnya layar sentuh, tombol-tombol, slot kartu sim dan micro SD, port pengisian daya, dan port headset. Jika ada kejanggalan akan kinerja yang tidak seperti biasanya, maka membawa smartphone milikmu ke pusat pelayanan konsumen adalah hal tepat. Ingat, biarkan ahli yang menangani. Jangan tergiur harga murah lalu sembarangan memilih teknisi untuk melakukan perbaikan.

Demikian tips yang dapat JawaPos.com berikan terkait bagaimana cara mengatasi smartphone yang terkena atau kemasukan air. Cuaca yang sedang tidak menentu memang cukup merepotkan. Ada baiknya kamu melakukan sedikit persiapan untuk berjaga-jaga dan selalu waspada agar smartphone kesayanganmu tidak terkena air.(ryn/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #smartphone #tips-smartphone 

Berita Terkait

IKLAN