Selasa, 17 Juli 2018 10:32 WIB
bjb juli

Internasional

Tiga Bom Guncang Permukiman Rohingya

Redaktur:

Ilustrasi: bom (Pixabay)

INDOPOS.CO.ID - Bom meledak di tiga lokasi berbeda di ibu kota negara bagian Rakhine, Sittwe, Myanmar, pada Sabtu (24/2) pukul 04.00 pagi. Aparat kepolisian Myanmar mengatakan bahwa tidak ada korban tewas dalam kejadian ini.

Peristiwa tersebut merupakan model kekerasan terbaru yang menimpa Rakhine. Setelah Muslim Rohingya dilanda dengan pembersihan etnis dan kekerasan, mereka harus menghadapi insiden pengeboman ini.

Perlu diketahui, pengeboman di ibu kota negara ini jarang terjadi. Salah satu bom tersebut juga meledak di rumah seorang pejabat tinggi.

bom Rakhine myanmar

Rakhine, tempat etnis muslim Rohingya tinggal. (AFP)

 

"Ada tiga bom meledak, sedangkan tiga bom lainnya yang tidak meledak ditemukan di lokasi yang berbeda pula," kata seorang perwira senior yang tidak ingin disebutkan namanya dilansir dari AFP, Sabtu (24/2). "Seorang petugas polisi terluka, namun bukan luka serius," tambahnya.

Satu ledakan terjadi di kediaman sekretaris pemerintahan negara bagian. Sementara dua bom lainnya meledak di depan sebuah kantor di kota dan di jalan menuju pantai. Belum ada laporan tingkat kerusakan yang terjadi akibat bom tersebut.

"Polisi sudah menutup beberapa jalan tempat terjadi ledakan," kata seorang penduduk Sittwe, Zaw Zaw.

Sittwe dulunya adalah rumah bagi etnis Rohingya yang cukup besar. Namun sebagian besar warga Rohingnya terpaksa meninggalkan rumah mereka akibat kekerasan komunal yang mematikan pada 2012.

Saat ini komunitas kecil Rohingya di kota ini berkurang. Sementara 100.000 lainnya masih tinggal di kamp-kamp pemindahan kumuh di luar ibu kota.

Bulan lalu, tujuh orang tewas dan belasan terluka saat polisi melepaskan tembakan ke arah kerumunan etnis Rakhine yang mencoba merebut kantor pemerintah di kota Mrauk U. Kekerasan tersebut mendorong sebuah kelompok etnis di Rakhine yang berjanji akan melakukan pembalasan.(iml/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #rohingya #myanmar 

Berita Terkait

IKLAN