Rabu, 19 September 2018 12:24 WIB
pmk

Liga Inggris

Kalah Lagi, Wenger Makin Hancur

Redaktur:

Foto: Sky Sports

INDOPOS.CO.ID – Arsene Wenger masih bisa selamat setelah pembantaian di Wembley, Minggu lalu WIB (25/2). Meski saat itu Arsenal kehilangan trofi Piala Liga-nya setelah dihabisi Manchester  City dengan tiga gol tanpa balas. Nah bagaimana jika petaka dari The Citizens itu terulang lagi?  Itu yang terjadi di Emirates, London, Jumat dini hari kemarin WIB (2/3).

Di depan fansnya sendiri The Gunners back to back takluk tiga gol tanpa balas dari City. Bahkan, City hanya butuh 33 menit untuk menghancurkan defense Arsenal tiga kali melalui gol Bernardo Silva (menit ke-15), David Silva (28') dan Leroy Sane (33'). Pembantaian tercepatnya sepanjang masa.

Selain itu, ini jadi hat-trick kalah pertama Arsenal menghadapi satu klub dari enam besar Premier League. Sebelum final Piala Liga dan Matchweek 28 kemarin WIB, Laurent Koscielny dkk juga sudah kalah 1-3 di Etihad, Manchester pada Matchweek 11 (5/11). ''Apakah ini malam yang menentukannya (jabatan Wenger)? Bahkan saat dihabisi Bayern Muenchen (musim lalu di Liga Champions) 10-0, klub tak bergeming,'' kritik mantan bek Arsenal, Martin Keown.

Keown yang kini jadi pundit BBC Sport itu mengklaim ini periode terburuk Arsenal. ''Ini bahkan lebih buruk sejak era Terry Neill pada 1980-an,'' klaim Keown. Neill terakhir membesut Arsenal pada musim 1982-1983, Arsenal finish di posisi ke-10 First Division (sekarang Premier League), dan Arsenal menelan 16 kekalahan musim itu.

Musim ini yang belum berakhir, Arsenal sudah sembilan kali kalah. Selain itu dengan 10 kali gagal clean sheet bernntun di Premier League pun terburuk sejak Februari 2002. Parahnya, Arsenal sudah jadi klub top six dengan kebobolan terbanyak, 39 gol. Sampai kemarin WIB, tak ada tanda-tanda Wenger bakal diputus kontrak.

Meski rumah-rumah bursa makin mendekatkan Wenger dengan pemecatan. Salah satu di antaranya Betfair. Koefisien Wenger akan dipecat sudah makin besar dari yang semula masih di atas angka 3, maka kemarin WIB jadi 2,5. Media-media Inggris bahkan sudah mengasosiasikan Wenger seperti “Dead Man Walking”.

Ada pula yang mengklaim Wenger sudah kehilangan dukungan kamar ganti. Tapi, rumor itu sudah buru-buru dibantah winger Arsenal Henrikh Mkhitaryan. ''Kami harus main bagi klub, bagi dia (Wenger) juga, karena dia role model besar bagi tim ini, orang besar bagi tim dan kami layak memberi yang terbaik dan siap bertarung baginya,'' tutur Mikhi, kepada Sky Sports.

Performa minor lini pertahanan dipengaruhi langkah transfer musim ini. Karena, Wenger tak membeli bek mahal meski pertahanannya jeblok. Mikhi tidak menyebut ini tanggung jawab Wenger. Tapi semua pemain. ''Tak peduli Anda striker, winger, atau attacking midfielder, semua harus ikut bertahan,'' tambah mantan winger Manchester United itu.

Bagaimana Wenger? Kemarin dia sudah kelihatan panik, terutama dalam penentuan opsi skema pertahanannya. Sang Profesor yang biasa memakai back three balik ke back four. ''Sebab kami ingin menyerang, dan main dengan empat bek kami anggap sebagai solusinya, ini yang di Wembley lalu kami dapatkan,'' kilah Wenger.

Dia tetap menganggap Arsenal-nya bermain bagus. Wenger tak takut dipecat. ''Ini situasi yang sudah saya hadapi, saya tetap berkomitmen penuh. Saya lebih fokus saja ke laga berikut,'' harap Wenger. ''Dia (Wenger) pasti bakal menentukan keputusan terbaik,'' kata pelatih City, Pep Guardiola terpisah, dikutip London Evening Standard. (ren)


TOPIK BERITA TERKAIT: #liga-inggris #arsenal 

Berita Terkait

Prediksi Tottenham vs Liverpool, Si Merah Tak Boleh Panik

Liga Inggris

Tottenham Hotspur vs Liverpool, Tim Tamu Pede

Liga Inggris

Liverpool vs Brighton, Sinyal The Reds Beri Bukti ke City

Liga Inggris

Chelsea Membuat Arsenal Lebih Merana

Liga Inggris

Chelsea vs Arsenal, Emery Lebih Percaya Diri

Liga Inggris

IKLAN