Sabtu, 22 September 2018 02:51 WIB
pmk

Tekno

Demi Sedekah, Bos Facebook Lepas Saham Sebesar USD 50 juta

Redaktur:

Bos Facebook Mark Zuckerberg (Express)

INDOPOS.CO.ID - Bos Facebook, Mark Zuckerberg melepas hampir USD 50 juta atau sekitar Rp 6,8 triliun saham Facebook. Menariknya, hasil penjualan saham tersebut dialokasikan Zuck demi bersedekah di yayasan yang dia bangun bersama istrinya, Priscillia Chan.

Seperti JawaPos.com lansir dari laman Reuters, Minggu (4/3), hasil penjualan saham Facebook yang dilakukan pada akhir Februari kemarin dilakukan guna mendanai yayasannya, Chan Zuckerberg Initiative (CZI).

Langkah tersebut sebenarnya bukanlah hal yang baru dan mengejutkan. Sebab Zuckerberg dan istrinya diketahui memang ingin fokus mendanai CZI yang didirikannya pada Desember 2015 silam. CZI sendiri diketahui merupakan lembaga nonprofit yang fokus bergerak di bidang sains, pendidikan, beserta isu-isu yang berkaitan dengan justice and opportunity.

Juru Bicara Zuckerberg mengatakan, dana tersebut akan digunakan untuk mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan yang berkenaan dengan operasional lembaga filantropi CZI selama beberapa tahun ke depan.

Zuck mengatakan, pada September 2017 lalu ia berkeinginan untuk menjual sebanyak USD 35 juta sampai USD 75 juta saham Facebook selama 18 bulan ke depan. Berdasarkan harga saham Facebook saat ini, target tersebut akan mencapai hingga USD 13 miliar.

Milyuner dari Silicon Valley itu juga mengatakan, dirinya akan menyumbangkan hingga 99 persen atau senilai USD 45 miliar saham platform yang digawanginya saat ini, Facebook ke CZI saat sistem tersebut sudah mulai berjalan.

Diketahui, Zuck bukan kali pertama rela mengucurkan uang sedemikian banyak untuk donasi. Pada 2016 silam, Zuck juga menyumbang amal dengan nilai yang tak tanggung-tanggung, yakni sebesar USD 3 miliar atau setara dengan Rp 39 triliun.

Dana tersebut diketahui akan disumbangkannya untuk mencegah dan menyembuhkan semua jenis penyakit di seluruh dunia. (ryn/JPC)


TOPIK BERITA TERKAIT: #facebook 

Berita Terkait

Facebook Bekukan AkunPendukung Genosida

Internasional

Izin Facebook Terancam Dicabut Sementara

Nasional

Kominfo: Harus Punya Alternatif Blokir Facebook

Nasional

IKLAN