Jumat, 21 September 2018 05:31 WIB
pmk

makanmakan

Melebur Rasa dalam Jejak Estetika

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - IBARAT tabula rasa, setiap individu dilahirkan dengan jiwa yang putih dan bersih. Demikian juga halnya para peretas dapur dengan sebutan koki, chef, atau master cooking. Mereka bisa mencipta, melebur rasa dalam jejak estetika. Memainkan perasaan dengan kolaborasi pancaindera, kepekaan rasa, kelembaban udara, kebersihan ruang, dan hati yang tulus dan gembira, para penguasa dapur itu bisa menghasilkan menu dengan penyajian indah dengan rasa yang luar biasa bagi para penikmat masakannya.

Mencicip rasa menjadi kegiatan nikmat yang selalu susah untuk ditolak dari seorang penyuka makan seperti saya. Kali ini, Barletta Lounge and Dining di lantai dua da Vienna Boutique Hotel di kawasan Nagoya, Kota Batam itu, menjadi tempat sesaat untuk memanjakan lidah sekaligus membahagiakan perut. Restoran hotel ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 – 22.00 WIB.

Kala berkunjung ke sana, restoran ini baru saja dilebur. Yang tadinya bar and lounge, lalu beralih fungsi menjadi lounge and dining dalam. Sudah dua tahun da Vienna Boutique hotel ini eksis mewarnai dunia perhotelan di Batam.

Menaiki tangga dari lobbi hotel menuju Barletta Lounge and Dining di lantai dua, mata ini langsung tertuju pada meja panjang di sebelah kanan tangga. Di sana, aneka cemilan dengan berbagai bentuk indah sangat menggoda untuk dicicip.

Sebut saja, Deretan ongol-ongol yang naik kelas, dari jajanan yang biasanya didapatkan di pasar, kini hadir di hotel sebagai bagian dari makanan mewah, karena digarnish dengan topping jelly dan potongan strawberry. Ada juga mini pizza yang disajikan satu tempat dengan tuna crackers.

Sementara di atas nampan bulat berbahan kayu, bersanding mini pizza lainnya di garde depan, disusul chicken drum stick di tatakan kayu bulat, dan di belakangnya disajikan potongan sushi garnish-an hijau. Penyajian itu sangat memperhatikan unsur estetika. Menarik untuk disentuh, mengundangsaliva untuk mencicip.

Ada lagi cemilan tak kalah menggoda untuk segera dinikmati. pie buah dan krim pie asin khas Perancis. Namanya Quice Lorraine. Saat mencicip, rasanya gurih dan lezat saat kulit soft cruncy menyatu dengan bumbu asin salt creamy di dalamnya. Cemilan ini, cocok sebagai makanan pembuka sembari bercanda, bersenda gurau dengan teman kala berkunjung ke hotel ini.

Bagi penyuka makan-makan, kejujuran rasa dan tampilan menu adalah segalanya. Dari jiwa yang putih dan bersih terpancar kejujuran. Kejujuran itu tertuang,  dan akhirnya terdengar lewat ucapan dari mulut, sama seperti Teori Tabula Rasa. Di dalam pertemuan ini, saya menyatakan finger food atau cemilan khas Barletta di da Vienna Boutique Hotel ini sangat lezat dan recomended untuk jadi penganan ringan kala berkumpul dengan teman, nongkrong dengan sahabat, atau bahkan pertemuan arisan dengan komunitas sosialita. Melebur rasa dalam jejak estetika menjadi ciri khas utama dalam penyajian menu di hotel ini.

Selain menikmati finger food, di hotel berkonsep boutique city hotel ini, pengunjung juga bisa memesan beberapa menu dining spesial western. Mengapa spesial? Karena penyajian menu yang memperhatikan estetika, selaras dengan rasa masakannya. Untuk dining menu ini, saya menyebutnya sebagai land of gastronomy.

Berikut menu spesial yang bisa Didapatkan di da Vienna Boutique Hotel

Carabian Chicken Salad

Ini menu pembuka. Dengan memperhatikan estetika, this menu served by crisp lettuce and green vegetable, tossed with carabian mango vinaigratte. And also, served with two sliced grilled chicken, dried mango, and spicy garlic bread. Rasanya? Segar. Dressings sauce-nya saya suka.

Seperti mengikuti jamuan makan ala keluarga kerajaan di puri yang indah lengkap dengan dayang-dayang dapur, para pengunjung di Barletta di da Vienna Boutique Hotel ini dilayani dan dijamu tiada henti. Habis makanan satu, datang makanan lainnya.

Manhattan Seafood Chowder

Menu ini tergolong unik dengan bahan utama udang galah . Kepala udang rebus disajikan berdiri, dagingnya dibentuk dadu dengan beberapa potongan sayuran yang disajikan di atas piring sup. Kuah krim seafood yang kental disajikan terpisah.

Sebagai penyuka makanan creamy, saya lantas mencicipnya. Rasanya aduhai!!! sangat memanjakan lidah. Kentalnya krim berpadu wangi seafood dengan penyajian yang indah langsung membuatku melahapnya. Hanya dalam sekejap, menu ini ludes. Menuliskannya saat ini pun, rasanya masih terbayang-bayang meninggalkan jejak di lidah, nikmat tersendiri di mulut.

Atlantic Crispy Salmon

Kali ini, tibalah pada menu utama alias main course dengan menu berbahan salmon, si ikan mahal nan sehat. Potongan salmon dipanggang matang dengan kulitnya setelah ditabur bumbu khas krim bawang putih dan mentega.

Disajikan dengan aneka sayuran dan saus coconut foam dan yogurt sphere yang sudah difermentasi. Dan lagi, sebelum melebur rasa itu, terlebih dahulu saya merekam jejak estetika tampilan menunya dalam foto.

Fruit Spaghetti

Ini menjadi dessert atau hidangan penutup, dimana agar-agar gluten dibentuk menjadi seperti mie spaghetti, disajikan di piring putih berbahan kaca, dengan topping es krim vanilla dan macaroni biru. Manis di penyajian, dan manis di rasa.

Dari mulai menu finger food, hingga appetizer, main course, dan menu dessert yang disajikan di Barletta Lounge and Dining ini, semua penyajiannya  meninggalkan jejak estetika yang melebur dalam rasa. Semua menu ini bisa didapatkan dengan harga sangat terjangkau, standar hotel, mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 230 ribu. Bisa makan-makan nikmat, nongkrong cantik diiringi live music yang bisarequest mulai pukul 18.00 WIB setiap harinya

Oh ya, satu hal yang juga tak boleh luput dari perhatian, personal table manner sangat dibutuhkan dalam mencicipnya. "Karena memang di sini kami menghadirkan konsep gastronomy. Tak hanya menjual rasa, tapi juga menyajikan menu yang tampilannya indah juga," ujar General Manager da Vienna Boutique Hotel, Jimmy Fernando. *** _ (sumber tulisan dan foto: www.catatantraveler.com)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakanmakan 

Berita Terkait

WICSF 2018 Padukan Kuliner dan Fashion

Fashion

Makanan Khas Korea Merambah Lidah Pribumi

makanmakan

Ramen Hitam Bisa Jadi Pilihan

makanmakan

Godaan Kuah Pedas di Menya Musashi Bukotsu

makanmakan

Sensasi Mie Halal Asal Negeri Sakura

makanmakan

IKLAN