Selasa, 23 Oktober 2018 11:34 WIB
pmk

Politik

Bawaslu Tolak Permohonan PKPI

Redaktur: Redjo Prahananda

Sidang adjukasi dikantor Bawaslu RI, Selasa (6/3).// Foto : Rizkyah Ayu/Indopos

INDOPOS.CO.ID - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI akhirnya menolak permohonan sengketa penetapan peserta pemilu 2019 yang diajukan oleh Partai Keadilan dan persatuan Indonesia (PKPI).

Pernyataan tersebut dibacakan oleh ketua Bawaslu RI, Abhan pada sidang adjukasi yang digelar di kantor Bawaslu RI Selasa, (6/3). Selain itu, di persidangan tersebut PKPI dianggap tidak dapat memenuhi persyaratan kepengurusan dan anggota partai politik di 4 provinsi; Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Papua.

"Pemohon tidak dapat menunjukan sebagaimana persyaratan, oleh karenanya permohonan pemohon ditolak, dalil pemohon tidak dipertimbangkan karena persyaratan peserta pemilu tidak dipenuhi sehingga PKPI tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2019," ungkapnya.

Berdasarkan Pasal 173 ayat 2 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu diatur mengenai syarat partai politik untuk bisa menjadi peserta perserta pemilu .
 
Antara lain syarat 100 persen kepengurusan ditingkat provinsi, 75 persen kepengurusan kabupaten/kota, 50 persen kepengursan kecamatan, keanggotaan maupun status kantor atau kepemilikan kantor.

"Secara kumulatif tidak memenuhi persyaratan sebagai persyaratan pasal 173 huruf C, D, dan F, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu," ujar dia.(yua)
 


TOPIK BERITA TERKAIT: #bawaslu #pkpi 

Berita Terkait

Bawaslu Ajak Pemilih Pemula Kritis

Politik

Bawaslu Kejar Penyebar Isu Doktrin

Nasional

Bawaslu Lagi Kaji Luhut-Sri Mulyani

Headline

IKLAN