Nasional

Hadapi Pilkada & Pilpres, TNI–Polri Kian Solid

Redaktur:
Hadapi Pilkada & Pilpres, TNI–Polri Kian Solid - Nasional

KOMPAK-Panglima TNI Marsekal (TNI) Hadi Tjahjanto (dua kiri) bersama Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian (tengah) dan KSAU Marsekal (TNI) Yuyu Yutisna (dua kanan) melakukan jalan santai di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (6/3).

INDOPOS.CO.ID - Bersama lebih dari empat ribu anggota TNI dan Polri, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian olahraga bareng di Mabes TNI, Selasa (6/3). Dalam agenda tersebut, kedua pejabat itu tampak semakin mesra. Bukan hanya lari pagi beriringan sejauh tiga kilometer, mereka juga sempat menari kemudian berduet di atas panggung. Keduanya tegas menyatakan bahwa semua itu merupakan simbol bahwa TNI dan Polri solid. 

Ketika diwawancarai awak media usai acara tersebut, Hadi menyampaikan bahwa tujuan Olahraga Bersama TNI–Polri tidak lain untuk menunjukan sekaligus merealisasikan soliditas kedua institusi tersebut. ”Dan ini adalah bagian dari komitmen TNI–Polri untuk tetap bersama,” imbuhnya.

Untuk itu, dia turut mengajak seluruh pejabat teras di jajaran TNI hadir dalam kegiatan tersebut. Baik pejabat Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, maupun TNI AU. Selain Hadi dan Tito, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi bersama Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna juga hadir. Sedangkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono yang sedang berada di luar negeri diwakili oleh Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman. ”Selanjutnya kegitan ini tentunya terus dilaksanakan secara rutin setiap enam bulanan,” ungkap Hadi.

Orang nomor satu di institusi militer tanah air itu menyatakan bahwa agenda serupa bakal dilaksanakan oleh seluruh jajaran TNI dan Polri di daerah. Tentu saja, kata Hadi, bukan sekedar seremoni saja. Melainkan guna merekatkan hubungan di antara kedua lembaga. Sehingga buka hanya di tingkat pusat saja TNI–Polri semakin solid, melainkan juga sampai ke level paling bawah. ”Untuk stabilitas nasional dan tentunya untuk keutuhan wilayah NKRI,” imbuhnya.

Senada dengan Hadi, Tito menuturkan bahwa Olahraga Bersama TNI–Polri bukan sekedar seremoni. Melainkan agenda penuh makna. ”Karena ini menunjukan soliditas TNI dan Polri,” ucap Tito. Sebagai salah satu elemen penting dalam menjaga kedaulatan dan keamanan, sambung dia, soliditas TNI dan Polri tidak bisa ditawar. Untuk itu, pria asal Palembang tersebut memerintahkan kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan kegiatan yang menguatkan hubungan Polri dengan TNI baik yang bersifat formal maupun non formal. ”Hubungan personal, antar pimpinan, antar anggota di semua wilayah,” kata Tito. 

Jenderal polisi dengan empat bintang di pundak itu sangat optimistis, soliditas instansi yang dia pimpin bersama institusi TNI akan memudahkan tugas-tugas besar. Ini termasuk di antaranya helatan Asian Games 2018 dan pilkada serentak 2018. Selain itu, agenda pilpres dan pileg tahun depan.

Selama soliditas TNI dan Polri kuat, sambung Tito, masyarakat tidak perlu khawatir. Demikian pula yang intens berkecimpung di dunia ekonomi. Para pengusaha dan pembisnis. ”Jangan ragu-ragu,” imbuhnya. Sebab, pesta demokrasi merupakan hal biasa. Termasuk persaingan serta peningkatan suhu yang terjadi. ”Itu semua adalah proses demokrasi yang biasa dan sudah kita lalui bersama,” terang mantan kepala Polda Papua tersebut. (syn/ydh)

TAGS

Berita Terkait


Baca Juga !.