Sabtu, 17 November 2018 02:11 WIB
pmk

Nasional

Pariwisata Kunci Kekuatan Ekonomi

Redaktur: Sicilia

DUKUNG PARIWISATA-Menteri PPN/ Bappenas Bambang Brojonegoro saat memberikan keterangan kepada awak media di Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat Kamis (8/3). Foto:RINDUWAN/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menilai, sektor pariwisata yang paling berpeluang memperkuat nilai rupiah di masa depan. Hal itu disampaikan Bambang saat serah terima pelaksana Ketua Umum PP ISEI di Kementerian PPN/Bappenas, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (8/3).

Menurutnya, pariwisata memiliki potensi yang besar untuk mendatangkan wisatawan asing ke Indonesia. Sehingga priwisata bisa memperkuat perekonomian.

Maka itu, upaya promosi pariwisata harus dilakukan dari pusat hingga daerah.

"Salah satu sektor prioritas pemerintah yang gencar dipromosikan adalah pariwisata. Karena banyaknya turis atau wisatawan asing ke Indonesia mampu perkuat rupiah secara permanen," kata Bambang.

Selain promosi, dia berharap daerah juga sadar potensi apa yang dimiliki. Jika dibanding dengan Jepang saja, Indonesia jauh tertinggal.

Pariwisata Indonesia selama ini masih bergantung pada Bali. "Oleh karena itu, saat ini pemerintah sedang membangun 10 Destinasi Bali Baru. Tapi memang butuh waktu untuk menciptakan destinasi-destinasi baru itu,” paparnya.

Maka itu, dia mengimbau daerah untuk terus memperkuat potensi pariwisata. "Pariwisata multiplier effect-nya banyak, daerah harus investasi entah dengan APBD atau mengundang swasta. Investasi di bidang pariwisata penting terutama untuk daerah," urainya. (ndu)


TOPIK BERITA TERKAIT: #bappenas #wisata-bahari 

Berita Terkait

IKLAN