Kamis, 20 September 2018 02:19 WIB
pmk

Kesehatan

Hati-hati! Katarak Juga Bisa Terjadi pada Anak

Redaktur:

Ilustrasi. Foto: DOK. INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Katarak bisa menyerang semua usia, mulai dari muda hingga tua. Tak sedikit, anak baru lahir ternyata mengalami katarak sejak dini. Ahli kesehatan mengatakan, genetika dan infeksi selama kehamilan bisa menjadi faktor penyebab katarak pada bayi atau anak-anak.

Penyakit katarak dapat dilihat dengan lensa mata yang mengalami kekeruhan. Di mana, itu berdampak pada penglihatan yang buram dan tidak bisa melihat jelas. ''Katarak ini ditandai dengan kekeruhan pada lensa mata yang terjadi secara berangsur-angsur. Ini terjadi pada mereka yang baru lahir hingga usia tua dan paling banyak di usia tua ini karena kelainan degeneratif,'' ujar spesialis mata sekaligus Kepala Departemen Mata RSPAD Jendral Gatot Soebroto, Kolonel dr. Subandono Bambang Indrasto, SpM, MM, dalam Peresmian Kegiatan Sosial (CSR) Pacific Paint dan diskusi Mata Untuk Warna, di RSPAD Jakarta Pusat, Selasa (6/3)

Bambang menyarankan agar orangtua lebih awas terhadap tanda-tanda dini terkait katarak pada anak. ''Mengenalinya mudah, dilihat dari bercak putih di mata. Selain itu, orangtua tahu respons bayi tidak sama saat diberikan suatu objek, tidak selincah bayi lain. Itu yang paling dasar diamati orangtua pasien,'' katanya.

Dengan diamati sejak dini, anak bisa langsung diberikan penanganan berupa operasi katarak. Sebab, semakin dini dilakukan penanganan, fungsi mata anak akan lebih mudah beradaptasi. ''Bisa langsung dioperasi, selama sudah ada konsultasi dengan dokter anastesi dan dokter anak serta dinyatakan layak operasi, maka segera. Kalau dibiarkan terlalu lama, fungsi mata anak bisa menjadi menurun dan malah lama beradaptasi,'' katanya. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #katarak #kesehatan 

Berita Terkait

Mengetahui Manfaat Daun Kelor

Kesehatan

Krisis Obat Ancam Keselamatan Pasien

Jakarta Raya

Jauhi 5 Makanan yang Membuat Kulit Rusak dan Berjerawat

Kesehatan

IKLAN