Rabu, 26 September 2018 04:24 WIB
pmk

Nasional

Peneliti Keamanan Siber Sarankan Keamanan Data di Dukcapil di Perketat

Redaktur: Redjo Prahananda

Peneliti keamanan siber, Ibnu Dwi Cahyo _ ft : net

INDOPOS.CO.ID - Program Kemenkominfo untuk registrasi kartu prabayar melibatkan data pribadi warga berupa NIK dan nomor KK kembali menjadi polemik.
 
Peneliti Keamanan Siber CissRec, Ibnu Dwi Cahyo masih berpotensi disusupi oknum tak bertanggungjawab. Kendati Dukcapil Kemendari memastikan keamanan data para pengguna
 
Dukcapil Kemendagri menyatakan keamanan data warga  registrasi tersimpan aman di data center dengan keamanan berlapis, Ibnu tetap harus diawasi.
 
"Sistem keamanan di Dukcapil ini harus diperktetat, selalu diawasi dan mendapat pengecekan. Karena ini soal siber, sekarang aman, dua jam ke depan bisa saja tak aman," kata Ibnu.

Hal ini merujuk menurutnya pada kasus virus siber Wannacry sempat menghancurkan dunia siber di Indonesia. Dia mengingatkan, virus tersebut kembali muncul dan menggangu isu keamanan.
 
“Iya wanna cry itu contoh. Karena di  2018 ini, isu keamanan siber sangat luat biasa apalagi ini berurusan dengan data pribadi warga yang bisa disalahgunakan, jadi pemerintah harus menutup rapat celah-celah," saran dia.(rvn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemenkominfo #data-pribadi-warga 

Berita Terkait

IKLAN