Senin, 17 Desember 2018 02:44 WIB

Headline

Siap-siap, Pekan Ini KPK Umumkan Cakada Tersangka

Redaktur: mm

Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: Eka G Putra/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Ancaman penetapan tersangka beberapa calon kepala daerah (Cakada) dalam kontestasi Pilkada 2018 yang terlibat korupsi bukan isapan jembol belaka. Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI Agus Rahardjo berjanji bakal segera mengumumkannya dalam pekan ini.

"Soal Cakada beberapa orang yang tersangka pekan ini kita umumkan, beberapa orang ya," kata Agus Rahardjo melalui pesan singkat Selasa (13/3).

Dia mengatakan, dalam pelbagai pembahasan dan pertemuan yang digelar KPK bersama unsur pimpinan Kementerian dan lembaga negara lain, kerap menyinggung ihwal setatus tersangka Cakada yang sudah 90 persen baka ditetapkan.

Sebelumnya Ketua KPK juga mengungkapkan yang dimaksudnya 90 persen adalah proses menuju penetapan tersangka dari beberapa peserta Pilkada 2018. Atau bukan 90 persen dari seluruh peserta kontestasi politik tahun ini.

Artinya, 90 persen itu terhadap beberapa calon yang sudah melewati berbagai tahapan sesuai amanat dan aturan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi untuk dinaikkan statusnya.

"Penyelidikan sudah dilakukan lama, expose sudah dilakukan dihadapan pimpinan, dan sudah disetujui oleh pimpinan untuk naik ke penyidikan," ungkap Agus Rahardjo.

Dengan demikian lanjutnya, maka sisa 10 persen dari 90 persen dijelaskannya tersebut. Tinggal menunggu proses administrasi untuk kemudian diumumkan ke publik. Namun siapa dan kasus yang mana, dalam beberapa kesempatan ditemui sepekan ini, Agus enggan menjawab.

"10 persen lagi menyiapkan administrasi dan keluarnya Sprindik. Nanti akan diumumkan segera," tegasnya. (egp)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kpk #cakada-tersangka 

Berita Terkait

Kecewa Tuntutan KPK

Nasional

KPK Didesak Cabut Hak Politik Bupati

Headline

Pendidikan Antikorupsi Sejalan dengan PPK

Nasional

Kada Bisa Tiap Pekan Di-OTT

Headline

Komitmen Bangun Pendidikan Antikorupsi

Nasional

IKLAN