New in Depth

Dokter Tegaskan Aman Dikonsumsi Bagi Non Muslim

Redaktur:
Dokter Tegaskan Aman Dikonsumsi Bagi Non Muslim - New in Depth

INDOPOS.CO.ID - MASYARAKAT dibuat cemas dengan beredarnya obat-obatan yang mengandung DNA babi. Mengenai itu, Dr Ari Fahrial Syam, SpPD, konsultan saluran cerna dari RS Cipto Mangunkusumo mengungkapkan, masyarakat tidak perlu cemas karena obat-obatan tersebut bukanlah obat untuk keadaan emergency (darurat) sehingga tidak dikonsumsi juga tidak masalah.

''Obat-obatan ini bukan termasuk obat untuk kondisi emergency sehingga memang tidak perlu digunakan secara darurat kalau tidak halal,'' kata dr. Ari.

Menurut dr Ari, masyarakat tidak perlu panik karena tetap ada pilihan obat lain untuk keluhan nyeri sendi atau lambung tersebut. Lebih lanjut, Ari menuturkan, Enzyplex yang mengandung enzim antikembung dan vitamin B kompleks biasanya digunakan untuk mengatasi kembung dan gangguan pencernaan lain. Sementara itu, Viostin DS mengandung glukosamin dan khondriotin sulfat sebagai suplemen sendi. ''Banyak pasien yang merasa nyaman setelah menggunakan obat ini. Tetapi sebenarnya masyarakat tidak perlu panik dengan ditariknya kedua produk ini karena ada obat lain di pasaran yang bisa menggantikan manfaat dari kedua suplemen tersebut,'' katanya.

Namun ia mengingatkan untuk mencari tahu penyebab di balik keluhan-keluhan tersebut. ''Untuk masyarakat yang selama ini menggunakan suplemen ini sebagai obat sebaiknya memang ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab dari nyeri sendi atau keluhan kembung yang terjadi. Sehingga pengobatan yang tepat dapat dilakukan,'' kata pria yang juga menjabat dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia itu. (dew)

Baca Juga


Berita Terkait

Lifestyle / Terlalu Protektif Kebersihan Anak, Justru Bikin Mudah Sakit

Lifestyle / Sering Sakit Kepala saat Merunduk? Berikut Penjelasannya

Lifestyle / Waspadai Bahaya Nyeri Dada dan Nyeri Perut

Lifestyle / Lebaran, Awas Jangan Kalap Makan Daging dan Minuman Manis

Lifestyle / Makan Berlebihan Saat Lebaran Bikin Insomnia


Baca Juga !.