Jumat, 21 September 2018 05:44 WIB
pmk

Internasional

Ritel Wajib Tutup Setiap Hari Minggu

Redaktur:

UNDANG-UNDANG BARU - Seorang pria mengendarai sepeda di tempat parkir mal yang tetap.

INDOPOS.CO.ID – Tidak ada satu pun gerai ritel buka di Polandia kemarin (11/3). Tetapi, sebagian besar masyarakat menyambut itu dengan gembira. Sebab, sebagaimana dicantumkan dalam regulasi baru, pemerintah meliburkan aktivitas perdagangan pada Minggu. Dalam tahap sosialisasi hingga 2019, kebijakan tersebut berlaku dwi mingguan.

’’Minggu adalah hari untuk keluarga,’’ kata Barbara Olszewska kepada Associated Press. Perempuan 76 tahun tersebut mengatakan bahwa pada masa kecilnya dulu, tidak ada orang yang bekerja pada Minggu. Dia mengenang periode tersebut sebagai momen yang menyenangkan. Kini pemerintah Polandia kembali menerapkan kebijakan yang ditinggalkan pasca runtuhnya komunisme pada era 1990-an tersebut.

Kebijakan yang diusung Solidarity, serikat perdagangan Polandia, itu menjadi regulasi baku setelah mendapat dukungan dari partai pemerintah Law and Justice. Ide tersebut juga didukung penuh oleh Gereja Katolik Polandia yang mewadahi sekitar 90 persen penduduk. Jika sekarang kebijakan itu berlaku dua pekan sekali, tahun depan regulasi itu menjadi tiga kali per bulan. Pada 2020, kebijakan tersebut berlaku setiap pekan.

Kendati sebagian besar masyarakat menyambut baik kebijakan itu, kalangan pebisnis dan pekerja nonritel mengajukan protes. Bagi para pebisnis, kebijakan meliburkan karyawan pada Minggu adalah kehilangan besar. Sebab, pada akhir pekan, pendapatan mereka melonjak. Karena itu, sangat mungkin para pengusaha ritel bakal merumahkan sebagian karyawan.

Sementara itu, para pekerja nonritel memprotes kebijakan yang membuatnya iri tersebut. Sebagai sesama pekerja, mereka juga butuh libur pada Minggu. ’’Ini kebijakan yang tidak adil. Benar-benar tidak adil,’’ kata Mateusz Kica. Pria 29 tahun yang bekerja sebagai pengemudi trem itu tidak terima karena tetap harus bekerja pada Minggu.

Peraturan yang lebih dahulu berlaku di beberapa negara Eropa, termasuk Hungaria, itu tidak diterapkan di bandara. Pemerintah Polandia mempersilakan seluruh ritel di bandara tetap beroperasi seperti biasa pada Minggu. Untuk wilayah perkotaan, pengecualian berlaku untuk apotek, toko keperluan bayi, gerai es krim, kafe, dan stasiun pengisian ulang bahan bakar alias pompa bensin. (hep/c4/pri)


TOPIK BERITA TERKAIT: #internasional 

Berita Terkait

PM Selandia Baru Melahirkan Anak Perempuan

Internasional

Setelah 37 Tahun, Tiga Sejarah Dunia Terulang di 2018

Internasional

Tantangan Muslim Minoritas Jalani Puasa di India

Internasional

IKLAN