Selasa, 25 September 2018 12:23 WIB
pmk

Jakarta Raya

Siapkan Fasum untuk Penyandang Difabel

Redaktur:

DIPERMAK-Pekerja merampungkan arena bermain anak pada proyek revitalisasi Taman Lapangan Banteng, Jakarta, Senin (12/3). ISMAIL POHAN/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - FASILITAS umum (fasum) di kota-kota besar masih belum ramah terhadap penyandang kebutuhan khusus (difabel), salah satunya di DKI Jakarta. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dinilai lamban menyediakan fasilitas umum yang ramah difabel. Pasalnya, Pemprov DKI baru akanmenyusun instruksi Gubernur (Ingub) terkait fasilitas umum ramah penyandang difabel.

”Gagasan Kementerian Sosial ke depan semua kota harus memiliki fasilitas yang rekreatif bagi penyandang difabel,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Idrus Marham di kantornya, Senin (12/3). Lebih dari itu, Idrus menuturkan pihaknya akan mengubah rumah jompo menjadi rumah kreatif dan panti-panti asuhan menjadi panti kreatif.

”Kami ingin nama ini menjadi insiprasi bagi penghuni, mereka kami ingin jadi lebih produktif,” katanya. Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan menampung semua keluhan dan kendala yang dihadapi para difabel di Jakarta. Selanjutnya, menurut Anies pihaknya akan segera memfasilitasinya melalui intruksi gubernur (ingub).

”Kami ingin dengan Ingub tersebut nanti semua fasilitas umum di Jakarta bisa ramah terhadap para difabel,” ujarnya. Ia mengatakan, selama ini Pemprov DKI merasa lebih tahu terhadap kebutuhan para difabel di Jakarta. Sehingga, tidak sedikit kebijakan yang dikeluarkan belum menjawab kebutuhan para penyandang kebutuhan khusus.

” Kami ingin fasilitas umum tidak hanya ramah bagi difabel, tapi juga bagi Lansia dan ibu-ibu hamil,” ucapnya. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #fasilitas-umum 

Berita Terkait

Fasilitas Umum untuk Disabilitas Perlu Ditingkatkan

Jakarta Raya

Pencurian Fasum Marak, Pemasangan CCTV Belum Maksimal

Jakarta Raya

IKLAN