Sabtu, 15 Desember 2018 11:28 WIB

Depok

Saksi dari London Ungkap Aset Bos First Travel

Redaktur:

ASET TERDAKWA- Tiga mobil mewah yang disita polisi dari bos First Travel. salman toyibi/jpg

INDOPOS.CO.ID - Sidang lanjutan kasus First Travel kembali digelar di Pengadilan Negeri (PN) Depok, Jawa Barat, Senin (12/3). Namun, ada yang sedikit berbeda dibanding dengan dua sidang sebelumnya.

Kali ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan empat orang saksi yang kesemuanya merupakan calon jamaah. Mereka adalah Marsonah, 47, Irianti, 55, Suprapti, 37, dan Dini Ralita, 52.

Dalam dua sidang sebelumnya, JPU mendatangkan saksi dari para mantan Agen First Travel. Dalam kesaksiannya, keempat calon jamaah First Travel mengaku ada faktor Syahrini dan almarhumah Julia Perez yang membuat mereka tertarik.

Menurut Marsonah, sebelum memutuskan untuk mengikuti paket umrah murah First Travel, dirinya sempat melihat tayangan video Syahrini dan Jupe-sapaan Akrab Julia Perez.

Di video tersebut, lanjut Marsonah, dia melihat aktivitas Syahrini serta Jupe sedang mengikuti program umrah First Travel. ’Baik sebelum keberangkatan maupun pas di sana (Makkah). Mereka pakai batik dari First Travel," ujar dia.

”Selain harganya murah, saya tertarik lihat testimoni artis dan jamaah lain juga," lanjut perempuan yang tinggal di Cinere, Kota Depok itu. Marsonah melanjutkan, Syahrini juga dalam video menceritakan seputar kegiatan umrah bersama First Travel.

Termasuk mempromosikan segudang fasilitas yang ditawarkan biro travel milik Anniesa Hasibuan dan Andika Surrahcman itu.

Senada diungkapkan Dini Lalita. Dini mengaku pertama kali mendapat informasi seputar First Travel dari website dan sejumlah cerita rekan-rekannya.

Lantaran penasaran, dia langsung mencari tahu.

”Dibanding (biro perjalanan lain, Red) yang lain memang murah ya, ditambah lagi ada artis (Syahrini-Jupe), makanya saya nggak ragu sama sekali," beber warga Kepala Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur itu.

Sementar aitu, hingga persidangan kelima Syahrini dan sejumlah selebriti lainnya belum memberikan kesaksian di persidangan. Sufari jaksa penuntut umum (JPU) kasus itu mengatakan kalau pihaknya sudah melayangkan panggilan kepada artis yang dimaksud.

”Sudah, dua minggu yang lalu kami kirimkan (surat pemanggilan). Ada beberapa publik figur, kita liat minggu depan," jelas dia usai persidangan kepada JawaPos.com (INDOPOS Group). ”Total kan semua ada sekitar 90 saksi. Nama-nama tadi (artis) pasti dimintai keterangan,” tegas dia juga.

Terkait pemeriksaan saksi berkaitan dengan keberadaan aset-aset bos First Travel, Anniesa Hasibuan dan Andika Surachman, Sufari yang merupakan jaksa dari Kejari Depok ini mengaku akan memanggil saksi dari London untuk mengungkap aset tersebut. ”Ya benar, dari London. Rencananya begitu," ujarnya juga.

Sufari menjelaskan, pemanggilan saksi dari negeri Ratu Elizabeth dilakukan untuk mengorek keberadaan aset bos First Travel. Informasi yang dihimpun koran  ini dari mantan Agen First Travel, Anniesa dan Andika memiliki rumah serta sebuah restoran di London.

”Bisa jadi, yang jelas aset. Selebihnya kita liat di persidangan," jelas dia. Pun ketika ditanya soal identitas saksi maupun waktu pemanggilannya, dia belum mau berbicara lebih lanjut. "Tunggu saja, waktunya pasti tiba," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Sufari juga menanggapi ihwal permintaan kuasa hukum terdakwa mengenai penjualan aset-aset kliennya, menurut Sufari juga, Kejaksaan masih melakukan penghitungan, termasuk di antaranya memilah-milah aset terdakwa.

”Masih diproses. Mana yang berkaitan, mana yang bermasalah. Belum rampung,” tutup Sufari juga. (mam/ce1/JPC)

Aset First Travel yang Disita Polisi

Kendaraan roda empat

  1. Volks Wagen Carafelle warna putih nopol F 805 FT
  2. Mitsubishi Pajero berwarna putih bernopol F 111 PT
  3. Toyota Vellfire warna putih bernopol F 777 NA.
  4. Toyota Fortuner berwarna putih bernopol B 28 KHS
  5. Daihatsu Sirion berwarna putih B 288 UAN
  6. Polisi juga tengah menelusuri 11 mobil karena berpindah tangan atau dijual oleh terdakwa.

Aset tidak bergerak

  1. Rumah mewah di Sentul City di Jalan Venesia Selatan, Sumur Batu, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
  2. Rumah tinggal di kompleks Vasa Cluster di Jalan Kebagusan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
  3. Rumah kontrakan di Jalan Benda Raya Gang Bambu Kuning, Cilandak, Jakarta Selatan.
  4. Kantor First Travel Building di Jalan Radar Auri, Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.
  5. Kantor PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel di GKM Tower, Jalan TB Simatupang Kav. 896 lantai 16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.
  6. Kantor PT First Anugerah Karya Wisata atau First Travel di VIP Lounge di gedung Atrium Mulia Suite 101, Jalan H.R. Rasuna Said Kav B 10/11, Kuningan, Jakarta Selatan.
  7. Butik Anniesa Hasibuan di gedung Promenade unit F dan G, Jalan Bangka Raya, Kemang, Jakarta Selatan.

TOPIK BERITA TERKAIT: #first-travel #kriminal 

Berita Terkait

Rampok Sepasang Kekasih, Dua Begal Digelandang

Megapolitan

Lahan Perkebunan Dikorupsi Rp1 M

Nusantara

15 Muda-Mudi Mesum Diamankan

Nasional

Polisi Bekuk Bandar Pil Koplo di Kalangan Pelajar

Nusantara

1.109 Truk Ditindak

Nusantara

4.925 Butir Ekstasi Disimpan Dikosan

Nusantara

IKLAN