Nasional

Nah, Sindikat Baru Pembuat Uang Palsu Diamankan

Redaktur: Syahrir Lantoni
Nah, Sindikat Baru Pembuat Uang Palsu Diamankan - Nasional

DIBEKUK: Barang bukti dan para pelaku pembuat uang palsu saat keterangan pers oleh Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri di Jakarta, Jumat (16/3/2018). foto: noviatul/indopos

INDOPOS.CO.ID - Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus (Dirtipideksus) Bareskrim Polri berhasil mengungkap jaringan pembuat dan pengedar uang palsu (upal). Enam orang tersangka ditangkap di tempat berbeda yakni di Purbalingga, Jawa Tengah, Depok,  dan Bogor  Jawa Barat. 

Kasubdit Dirtipideksus Bareskrim Polri Kombes Wisnu Hermawan mengatakan enam tersangka ini, adalah pemain baru yang baru berjalan sekitar 6 bulan.

"Hasil produksi mereka masih kasar. Tidak sebagus dengan beberapa jaringan yang diungkap sebelumnya," terang Wisnu dalam konferensi pers di Jakarta, w Jumat (16/3).

Motif mereka adalah ekonomi. Wisnu menjelaskan, kejahatan ini bermula dengan modal Rp 50 juta yang diberikan tersangka SY (34) ke SP (36) dan NG (40). Kemudian, bermodalkan Rp 50 juta itu, SP dan NG memproduksi uang palsu di rumah kontrakan mereka di kawasan Depok, Jawa Barat. 

Kemudian, tersangka lain AS (22), U (46) , dan SR (37), berperan membantu proses pembuatan upal. 

"Uang palsu mereka jual dengan perbandingan 1 uang asli ditukar dengan 4 uang palsu," ucap Wisnu.

Dari hasil penangkapan ini, Wisnu mengatakan polisi menyita barang bukti 10 gepok pecahan Rp 100 ribu uang palsu, printer, laptop, handphone, dan sepeda motor. (nyc)

Berita Terkait

Megapolitan / SOTR Kembali Makan Korban

Megapolitan / Sering Dicaci Maki, Suami Bunuh Istri

Megapolitan / Divonis Mati, Pembunuh Mantan Jurnalis Banding


Baca Juga !.